FGD Penyusunan Dokumen KLHS RPJPD dan RPJMD Dilaksanakan di Kabupaten OKU Selatan

FGD Penyusunan Dokumen KLHS RPJPD dan RPJMD Dilaksanakan di Kabupaten OKU Selatan

--

 

MUARADUA, HARIANOKUS.COM -Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, melalui Dinas Lingkungan Hidup, mengadakan Forum Group Discussion (FGD) untuk penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023 pada Selasa, 14 November 2023.

Acara ini dipimpin oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda OKU Selatan, Amroeltoni, S.STP., M.M., dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Selatan, Hermansyah Said, S.IP. Hadir pula peserta dari berbagai OPD, Kepala BPS OKU Selatan, Konsultan, serta undangan lainnya.

BACA JUGA:Malang! Nasip Warga Buay Pemaca Terkena Musibah Saat Hujan Lebat

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan tengah menyiapkan RPJPD dan akan menyusun RPJMD. KLHS akan diintegrasikan ke dalam penyusunan RPJPD dan RPJMD Kabupaten OKU Selatan, termasuk memaduserasikan KRP pembangunan daerah dalam 20 tahun ke depan yang berpotensi menimbulkan dampak atau risiko lingkungan hidup serta fungsi dan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

Menurut Amroeltoni, S.STP., M.M., FGD ini merupakan kegiatan yang memuat kajian ilmiah dengan maksud untuk memberikan arahan dan kebijakan pembangunan ke depan dengan mempertimbangkan kondisi, potensi, masalah, dan isu-isu strategis yang memiliki pengaruh terhadap lingkungan sekitar.

BACA JUGA:Bupati Popo Ali Dukung Berdirinya DPD IWOI OKU Selatan

Tujuan yang ingin dicapai dari penyusunan KLHS RPJMD meliputi identifikasi capaian daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup sebelumnya, identifikasi capaian target pembangunan berkelanjutan sebelumnya, analisis kondisi, potensi dan permasalahan pembangunan daerah, serta rumusan isu-isu strategis KLHS dan indikator target pembangunan berkelanjutan.(dest) 

Sumber: