Minat Terhadap Jersey Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Qatar Mencuat, Sotheby’s Akan Melelang

Minat Terhadap Jersey Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Qatar Mencuat, Sotheby’s Akan Melelang

--

HARIANOKUS.COM - Perusahaan lelang ternama, Sotheby's, berbasis di New York, akan menyelenggarakan lelang jersey ikonik yang dikenakan oleh Lionel Messi dalam laga final Piala Dunia 2022 di Qatar. Acara lelang ini dijadwalkan berlangsung pada 30 November hingga 14 Desember 2023.

Jersey yang dipakai Messi dalam pertandingan tersebut diperkirakan akan memulai penawaran dengan harga fantastis, yakni mencapai Rp 153 miliar. Hasil lelang ini akan disumbangkan ke Proyek UNICAS, yang didukung oleh Rumah Sakit Anak Sant Joan de Déu Barcelona, di bawah pengelolaan Leo Messi Foundation. Dana tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang menderita penyakit langka.

BACA JUGA:Lionel Messi Memenangkan Ballon d'Or 2023 Sekaligus Mencetak Sejumlah Rekor Baru

"Piala Dunia FIFA 2022 adalah salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah olahraga, secara intrinsik terhubung dengan perjalanan heroik Messi dan meneguhkan statusnya sebagai pemain terhebat sepanjang masa," ujar Brahm Wachter, Kepala Koleksi Modern Sotheby.

Selain jersey yang digunakan dalam laga final, Sotheby’s juga akan melelang lima jersey lainnya. Enam kaos ini mencakup tujuh kaus babak pertama, termasuk yang dikenakan Messi dalam pertandingan dramatis melawan Prancis yang berakhir dengan adu penalti setelah skor imbang 3-3. Dua gol Messi pada pertandingan tersebut mengantarkan Argentina meraih kemenangan di Stadion Lusail dan meraih Piala Dunia ketiganya.

BACA JUGA:Catat Sejarah Baru, Ini 7 Rekor Messi Yang Dipecahkan di Piala Dunia

Sotheby’s optimistis bahwa lelang paket lengkap ini akan memecahkan rekor penjualan memorabilia olahraga. Saat ini, rekor tertinggi dipegang oleh jersey Michael Jordan yang dipakai dalam final NBA 1998, terjual seharga USD10,1 juta atau sekitar Rp155,3 miliar.

"Penjualan enam kostum ini merupakan peristiwa monumental dalam sejarah lelang. Merupakan kehormatan bagi Sotheby’s bisa memamerkan dan melelang koleksi tidak ternilai ini," ungkap Brahm Wachter, Kepala Koleksi Modern Sotheby’s.

Selain lelang, keenam jersey ini juga akan dipamerkan di Galeri Sotheby’s dan dapat diikuti secara daring oleh para penggemar dan kolektor dari seluruh dunia. (*)

Sumber: