Setahun Peminat SIM di Polres OKUS Menurun

Setahun Peminat SIM di Polres OKUS Menurun

Anggota Sat lantas Polres OKU Selatan saat meninjau pengunjung pembuat SIM saat tes praktik.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Musim Paceklik melanda masyarakat diberbagai Kecamatan wilayah Kabupaten OKU Selatan sejak setahun belakang ini berdampak pada pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polrws OKU Selatan.
 
Terhitung sejak Januari Tahun 2023 belakang ini, peminat Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres OKU Selatan menurun derastis, dibandingkan pada Tahun sebelumnya.
 
Pasalnya, sepanjang Tahun 2022 pelayanan SIM Polres OKU Selatan mampu mencetak SIM sebanyak 52.00 buah SIM, sedangkan per September Tahun 2023 ini SIM yang dikeluarkan hanya 38.80 buah.
 
Jika dibandingkan antara Tahun 2022 dengan Tahun 2023 ini pemohon percetakan dan Perpanjangan SIM menurun hingga 25 persen.
 
 
Hal itu, sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) OKU Selatan AKBP Listyono Dwi Nugroho, S. IK , MH melalui Kasat Lantas AKP Desram Cery didampingi Komandan SIM Aipda Anwar Dani, saat dibincangi, Senin (25/12).
 
Dikatannya, untuk pelayanan SIM sejauh ini hingga September Tahun 2023 dengan rincian perpanjangan sebanyak 24.08 buah, pembuatan baru 1.472 buah.
 
"Menurun hingga 25 persen dibandingkan pada Tahun sebelumnya. Namun, untuk ketertiban masyarakat berlalu lintas sejauh ini sudah mengalami peningkatan, karena adanya ETLE, sering adanya pengaturan lalu lintas dijalan," bebernya.
 
 
Menurunnya, permohonan SIM ini sendiri diduga akibat paceklik yang melanda masyarakat OKU Selatan, sehingga kebutuhan meningkat sedangkan penghasilan menurun.
 
"Biasanya, kalau sudah ada kelulusan siswa banyak yang hiat SIM, tapi tahun ini sedikit, karena memang kondisi saat ini, jadi tidak menyalahkan juga, yang pasti ketertiban masyarakat sudah meningkat," terang Dani. (Dal)a

Sumber: