Kolaborasi Antar Daerah Menuju Sinergi Pembangunan Melalui Gerakan Gerbang Rajawali Muda

Kolaborasi Antar Daerah Menuju Sinergi Pembangunan Melalui Gerakan Gerbang Rajawali Muda

--

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - kegiatan rapat yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan M. Rahmattullah, S.STP.,M.M. 

Rapat tersebut berfokus pada pembahasan Draft MOU Gerakan Membangun Kota Martapura, Baturaja, Way Kanan, Liwa dan Muaradua (GERBANG RAJAWALI MUDA). Jumat,(05/01/24) 

Kegiatan yang dihadiri oleh Sekda ini bertujuan untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama sebagai dasar bagi para Pihak Penyelenggaraan Pemerintahan untuk melaksanakan Kerjasama Membangunan dan Pengembangan Potensi Daerah melalui sinergi program.

Dalam kesepakatan bersama tersebut, terdapat beberapa ruang lingkup kerjasama antar daerah seperti pada bidang konektivitas antar wilayah, percepatan pertumbuhan ekonomi, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, dan penanganan bidang kebencanaan daerah.

BACA JUGA:Gegara Kendala Server Gaji ASN OKU Selatan Jadi Tak Kunjung Cair

Dalam bidang konektivitas misalnya, terdapat reaktivasi Bandara Gatot Subroto, angkutan perbatasan, perkeretaapian, dan moda transportasi lainnya.

Sementara itu, pada bidang percepatan pertumbuhan ekonomi, para pihak berusaha untuk mengendalikan inflasi dan membangun ekonomi kreatif serta sektor pariwisata sebagai program unggulan.

Dalam bidang pelayanan kesehatan, para pihak sepakat untuk meningkatkan spesifisasi penyakit pada rumah sakit.

Tak hanya itu, para pihak juga sepakat untuk meningkatkan angka rata-rata lama sekolah, angka partisipasi kasar maupun murni, serta program studi vokasi pada bidang pendidikan.

BACA JUGA:Kejaksaan Negeri (Kejari) Tingkatkan Status Penyelidikan Pembangunan Gedung Baru SMA Negeri Dua Buay Pemaca

Selain itu, untuk menangani bidang kebencanaan daerah, para pihak sepakat untuk berkolaborasi dalam bidang tanggap darurat dan distribusi media.

Dalam kesempatan ini, Sekda berharap kerjasama antar daerah tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat dinikmati oleh masyarakat setempat.

Tidak lupa pula, beliau mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada pihak terkait yang mendukung pelaksanaan kerjasama ini.

Terlihat bahwa kesepakatan bersama antar daerah tersebut sangat bernilai dan dapat membawa manfaat bagi masyarakat.

Sumber: