UPT SMPN-01 Simpang, Kabupaten OKU Selatan, Ajarkan Tata Cara Pengelolaan Sampah Melalui Wisata Edukatif ke BS

UPT SMPN-01 Simpang, Kabupaten OKU Selatan, Ajarkan Tata Cara Pengelolaan Sampah Melalui Wisata Edukatif ke BS

Managemen Unit Pelaksana Tehnik (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-01) Simpang, Kabupaten OKU Selatan ajarkan tata cara pengelolaan sampah ke siswa.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Unit Pelaksana Teknik (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-01) Simpang, Kabupaten OKU Selatan, memberikan pembelajaran tata cara pengelolaan sampah kepada siswa.

Pada waktu yang lalu, UPT SMPN-01 Simpang mengorganisir Wisata Edukatif Lingkungan Hidup ke Bank Sampah Prabumulih (BSP), melibatkan guru dan sebagian siswa.

Wisata Edukatif ini bertujuan memberikan pemahaman praktis tentang pengelolaan sampah agar dapat diimplementasikan oleh guru dan siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Rita Aziana, S. Pd, Kepala Unit Pelaksana Teknik (UPT) SMPN-01 Simpang, menjelaskan tujuan kegiatan ini saat dihubungi pada Minggu (14/01).

BACA JUGA:Pemda OKU Selatan Ajak Pemuda Berperan Aktif dalam Sukseskan Pemilu 2024

"Sebagai Kepala Sekolah, kami bersama dewan guru dan siswa melakukan kunjungan ke Bank Sampah Prabumulih (BSP), mirip dengan kegiatan study tour. Ini adalah bagian dari pembelajaran mengenai tata cara pengelolaan sampah," ungkapnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman langsung tentang praktik pengelolaan sampah yang efektif. Harapannya, ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan untuk mengatasi masalah sampah di sekolah dan sekitarnya.

"Kami senang mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. Semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi sekolah dan lingkungan sekitarnya, sehingga siswa dapat terlibat dalam pengelolaan sampah dengan lebih baik," tambah Rita.

Pentingnya pembelajaran seperti ini adalah untuk mengajak siswa agar peduli terhadap sampah, mendorong mereka untuk tidak membuang sampah sembarangan di lingkungan sekolah maupun di sekitarnya.

BACA JUGA:Ratusan Warga OKUS Padati Stadion Mini Di Acara Jalan Santai dan Senam Bersama

"Sampah tidak selalu harus menjadi limbah, karena ada jenis sampah yang dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi pupuk. Selain itu, sampah dapat dikelola untuk menghasilkan pendapatan," paparnya.

Dengan kunjungan ke BSP ini, harapannya siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dan menjadi contoh bagi yang lain dalam upaya pengelolaan sampah yang lebih baik. (Dal)

Sumber: