Dinkes Himbau Warga OKU Selatan Jaga Kesehatan Menghadapi Musim Hujan

Dinkes Himbau Warga OKU Selatan Jaga Kesehatan Menghadapi Musim Hujan

Dinas Kesehatan OKU Selatan dr. Meri Astuti, M.M-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Setelah berakhirnya masa kemarau panjang beberapa waktu lalu, kini wilayah OKU Selatan, terutama, telah memasuki musim penghujan yang membawa perubahan cuaca yang berpotensi meningkatkan risiko penyebaran penyakit di masyarakat.

Dalam mengantisipasi dampak perubahan cuaca ini, Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan, dr. Meri Astuti, M.M, mengimbau masyarakat pada Sabtu (20/01) untuk tetap menjaga kebersihan, khususnya menjelang masuknya musim hujan.

Dr. Meri Astuti menegaskan, Dalam menghadapi musim hujan, penting bagi masyarakat untuk memastikan kebersihan lingkungan perumahan.

"Air yang tergenang di wadah-wadah tertentu dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, sehingga perlu dihindari,"jelasnya.

BACA JUGA:Meriahkan Tahun Baru Imlek 2024, Famvida Hotel Lubuklinggau Sajikan Dekorasi Naga dan Paket Khusus

BACA JUGA: Mengupas Tuntas Lidah Mertua, Tanaman Hias Multifungsi yang Punya Rahasia Bahaya!

Masyarakat juga diimbau untuk aktif dalam kegiatan kerja bakti atau gotong royong untuk membersihkan saluran air.

Ini bertujuan untuk mencegah potensi banjir di wilayah permukiman, yang salah satunya dapat disebabkan oleh saluran air yang tersumbat oleh sampah dan rumput liar.

Dr. Meri Astuti menjelaskan bahwa perubahan musim dari kemarau ke musim hujan seringkali diiringi oleh munculnya berbagai penyakit.

"Beberapa penyakit yang kerap muncul pada musim penghujan ini antara lain demam berdarah, penyakit kulit, demam, flu, batuk-batuk, dan penyakit lainnya," tandasnya.

Dengan imbauan ini, diharapkan masyarakat OKU Selatan dapat bersama-sama menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, sehingga dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit yang mungkin timbul akibat perubahan cuaca. (Dal)

 

 

 

Sumber: