Sosialisasi Penanganan Surat Suara Pemilu 2024, Hindari Tindakan Penipuan

Sosialisasi Penanganan Surat Suara Pemilu 2024, Hindari Tindakan Penipuan

Rekomendasi Ketat Penyelenggara Pemilu Terhadap Penipuan-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 memberikan rekomendasi ketat untuk memastikan pengisian surat suara yang benar dengan langkah antisipasi terhadap oknum-kelompok yang tak bertanggungjawab.

Surat suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden harus dicek teliti sedari awal untuk mencegah adanya bolong pada lembar yang tidak seharusnya bertanda.

Sebuah informasi telah disebarluaskan dengan cara yang masif dari satu grup masyarakat sipil tentang praktik curang seperti itu.

Dalam petunjuk yang disebarkan tersebut, disebutkan pengisian surat suara harus dilakukan di depan meja petugas Kelurahan atau Kecamatan.

BACA JUGA:Bakalan Seru nih, Putri Sulung Ridho Yahya Diprediksi Akan Maju dalam Pilkada Kota Prabumulih

BACA JUGA:Wabup OKU Selatan Minta Peran Ulama dalam Mewujudkan Pemilu Damai

Pengecekan serta inspeksi terlebih dahulu harus dilakukan sebelum memasukkan surat suara ke dalam kotak suara.

Jangan membuka atau melipat surat suara terlebih dahulu, hal itu sangat berisiko surat suara tidak sah.

'Langkah selanjutnya, petugas yang menyerahkan lembaran surat suara diminta pertanggungjawaban dan dilaporkan kepada perwakilan Bawaslu dan Polisi yang bertugas, lalu minta surat suara pengganti serta tetap diperiksa oleh ketua dan saksi sebelum menghendaki agar masuk ke bilik suara,” tutur salah seorang tokoh masyarakat yang berinisiatif menyebarkan informasi seperti dilansir dari sebuah media daring.

Menanggapi urgensi permasalahan ini, KPU berharap lebih banyak pihak yang dapat memahami dan memperhatikan hal tersebut.

Hari pemungutan suara 14 Februari 2024 mendatang, diharapkan tidak ada pemilih yang merasa kecewa dan mengalami ketidaknyamanan saat memilih karena terkena tindakan penipuan seperti itu.

Semoga, informasi ini dapat mencegah tindakan penipuan, demokrasi bisa lebih baik dalam keadilan menjadi kenyataan.(dest)

Sumber: