Pemerintah Kabupaten OKU Timur Mengajukan 1.700 Formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2024

Pemerintah Kabupaten OKU Timur Mengajukan 1.700 Formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2024

Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Timur H Jumadi-FOTO: DOK HOS-

HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur menyampaikan kabar baik dengan mengajukan sebanyak 1.700 formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Timur, H Jumadi, mengungkapkan hal tersebut kepada wartawan pada Senin, 29 Januari 2024.

Menurutnya, setelah melalui pembahasan, jumlah formasi yang diusulkan mencapai 1.700 dan akan diajukan ke Bupati sebelum kemudian dikirim ke pusat atau Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Sekitar 1.700 formasi pegawai telah dibahas dan akan diajukan ke Bupati sebelum kemudian diajukan ke pusat atau Kemenpan RB," ujar Sekda Jumadi.

Meskipun jumlah tersebut masih bersifat usulan dan belum final, setelah dikirim ke pusat, usulan tersebut akan melalui tahap penyesuaian dan kemudian ditentukan kuota formasi final oleh Kemenpan RB.

BACA JUGA:Pemerintah Himbau Masyarakat Tidak Membangun di Sempadan Danau

Sekda Jumadi menjelaskan bahwa usulan ini telah diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan pegawai di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sebanyak 700 formasi di antaranya ditujukan untuk guru dan tenaga kesehatan, sedangkan 1.000 formasi lainnya untuk kebutuhan tenaga teknis di berbagai OPD.

Pertimbangan usulan sebanyak itu juga melibatkan ketentuan dalam UU No. 20 Tahun 2023, di mana per 31 Desember 2024, pengangkatan honorer atau Tenaga Kerja Sukarela (TKS) tidak diperbolehkan lagi.

Pemerintah Kabupaten OKU Timur telah mengantisipasi aturan tersebut dengan menghentikan rekrutmen TKS baru.

BACA JUGA:Pemkab OKU Selatan Giatkan Pengendalian Inflasi Melalui Operasi Pasar Murah Serentak

Sementara itu, pemerintah Indonesia secara keseluruhan juga mengumumkan pembukaan 2.302.453 formasi dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024.

Sebanyak 1.605.694 formasi PPPK diprioritaskan untuk menyelesaikan masalah tenaga honorer, sedangkan sisanya, sekitar 690.822 formasi CPNS, disiapkan bagi lulusan baru.

Sekda Jumadi mengakhiri pernyataannya dengan mengimbau honorer yang memiliki kesempatan mengikuti seleksi agar mempersiapkan diri dengan baik.

Sumber: