BYD Ancam Pabrikan Jepang dengan Ribuan Pesanan, Saingi Pasar Otomotif Indonesia

BYD Ancam Pabrikan Jepang dengan Ribuan Pesanan, Saingi Pasar Otomotif Indonesia

BYD Kendaraan Tiongkok Indonesia-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Produsen mobil asal Tiongkok, Build Your Dreams (BYD), baru-baru ini merilis tiga kendaraan terbarunya untuk bersaing di pasar otomotif Indonesia.

Meskipun masih segar dari peluncurannya, respon terhadap mobil-mobil BYD tersebut sangat positif. Lebih dari ribuan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) telah diterima oleh perusahaan.

Luther T. Pandjaitan, selaku Kepala Pemasaran PT BYD Motor Indonesia, mengungkapkan bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap produk BYD sangat tinggi.

"Sudah hampir seribu unit yang terpesan, termasuk penjualan di showroom dan mal," ujar Luther.

BACA JUGA:Pemilik Mobil Bekas Transmisi Manual Harus Tahu, Ternyata ini 3 Penyebab Kampas Kopling Cepat Habis

BACA JUGA:Tampak Kotor, Ini 6 Langkah Bersihkan Jamur di Kaca Mobil Dengan Bahan Sederhana

Ia juga menambahkan bahwa komposisi pemesanan kendaraan terbilang seimbang, meskipun sebelumnya model Seal lebih diminati.

"Komposisinya hampir identik. Seal dulu mendominasi, tetapi kemudian menjadi imbang. Kita bisa bilang masing-masing 30%. Ini cukup menarik minat pasar," tambahnya.

Menariknya, pembeli yang berminat pada mobil listrik BYD hanya perlu membayar tanda jadi sekitar 10-20 juta rupiah, dan yang lebih menarik, pembayaran ini tidak bersifat mengikat.

 "Ya kalau batal nggak apa-apa sebab uang tanda jadi tersebut tidak mengikat. Nominalnya hanya Rp 10-20 juta. Beda dengan DP, kalau tidak jadi uangnya dikembalikan ke pemesan," ujarnya.

Keberhasilan dan keunggulan yang dimiliki BYD dapat menjadi ancaman serius bagi pabrikan mobil Jepang, terutama setelah peluncuran BYD, saham Astra, pabrikan mobil ternama di Indonesia, mengalami penurunan. (*)

Sumber: