Honda PS250, Skuter Otomatis Dual-Purpose Tangguh dan Anti-Mainstream

Honda PS250, Skuter Otomatis Dual-Purpose Tangguh dan Anti-Mainstream

Skuter Honda PS250 konsep motor dual-purpose yang lebih fungsional -Poto: DOK/HOS-

HARIANOKUS.COM - Honda meluncurkan skuter otomatis dual-purpose yang unik bernama PS250 di pasar Jepang pada tahun 2004.

Skuter ini dirancang untuk tangguh dan fungsional, dengan desain anti-mainstream jika dibandingkan dengan skuter 250 cc pada umumnya yang cenderung gemuk.

Dengan tampilan kustom yang kental, Honda PS250 ini mirip dengan Honda Ruckus, namun dimensinya lebih besar.

BACA JUGA:Optimalkan Penagihan Pajak Bumi Bangunan (PBB) dengan Kerjasama Dispenda dan Pol-PP di OKU Selatan

Area panel bodi cukup minimalis, dengan bagian depan didominasi oleh pipa tubular yang melingkupi dek sampai fascia.

Salah satu fitur yang unik dari PS250 adalah desain jok pisah dengan posisi rendah, sehingga memudahkan pengendara dan penumpang untuk naik dan turun.

Jok belakang juga bisa diangkat untuk dijadikan sandaran, sehingga menyisakan area besar yang bisa digunakan sebagai rak untuk membawa barang bawaan saat berpetualang.

BACA JUGA:Sony Rilis Kamera Alpha 9 III dengan Sensor Global Shutter dan Lensa Telefoto G Master FE 300mm Terbaru

Honda PS250 dibekali mesin karburator berpendingin cairan berkapasitas 249 cc. Dengan rasio kompresi 10,5:1, skuter ini mampu menghasilkan daya sebesar 19 hp pada 7.000 rpm dan torsi puncak 21 Nm pada 5.300 rpm.

Honda PS250 memiliki konsumsi bahan bakar sebesar 37,2 km per liter pada kecepatan konstan 60 km/jam. Dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 12 liter, skuter ini mampu menempuh jarak sekitar 446 km setelah tangki terisi penuh.

Honda PS250 menggunakan ban dual-purpose pada bagian kakinya, sehingga nyaman dipakai baik di atas aspal maupun di medan off-road ringan.

BACA JUGA:Ide Kado Valentine Agar Pasangan Makin Sayang, Auto Makin Lengket .

Skuter otomatis ini juga dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi, seperti kunci pengaman tipe shutter key dan opsi anti-theft system berupa alarm immobilizer.

Saat diluncurkan pertama kali di Jepang, Honda PS250 dijual dengan harga MSRP 502.950 yen atau setara dengan Rp 53,4 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 106,12 pada 7 Februari 2024). Skuter ini juga dijual di Amerika Utara dengan nama Big Ruckus. (*)

Sumber: