Warga OKU Selatan, Menanam Jagung Untuk Tingkatkan Perekonomiannya

Warga OKU Selatan, Menanam Jagung Untuk Tingkatkan Perekonomiannya

Jupri menanam jagung di ladangnya untuk tingkatkan perekonomiannya-Foto: Hendri/HOS-

OKU SELATAN, HARIANOKUS.COM - Di Desa Gunung Terang, di Kecamatan Buay Sandang Aji, Kabupaten OKU Selatan, jagung menjadi salah satu komoditas unggulan yang ditanam oleh petani setempat. 

Contohnya, salah satu petani yang terbilang kreatif dalam menanam jagung adalah Jupri. 

Ia, membuktikan bahwa menanam jagung bisa sangat bermanfaat bagi perekonomian petani, bahkan saat harga jagung sedang tidak stabil.

BACA JUGA:Viral! Seorang Ibu Melahirkan Bayi di Bank, Diberi Nama Unik BRImola

Jupri menuturkan, ia mulai menanam jagung di ladangnya yang seluas setengah hektar, dengan bantuan keluarganya dan sebanyak lima kilogram bibit jagung. Jum'at 23 Februari 2024.

Ia pun, harus memiliki dedikasi dan semangat yang besar untuk menjaga suksesnya penanaman jagung ini. "Termasuk rutin memberikan pupuk dan merawat bibit jagung setiap lima belas hari," ujar Jupri. 

Pupuk yang digunakan Jupri untuk membuat jagungnya tumbuh subur, ia membutuhkan sebanyak tiga sak. 

BACA JUGA:Tiga Desa di Pulau Beringin Alami Longsor Akibat Curah Hujan Tinggi

Ia sangat memperhatikan tanaman jagung yang ditanamnya, karena ia menyadari bahwa jagung memerlukan perawatan yang cukup agar tumbuh dengan subur. 

"Setelah jagung tumbuh subur dan membuahkan hasil yang cukup baik, Jupri sangat senang karena ladang yang digarap pada saat ini tanahnya cukup subur," ucapnya. 

Meskipun harga jagung sedang tidak stabil dan sekarang harganya mencapai Rp. 10 per kilogram, Jupri tetap mencoba memanfaatkan penjualan jagung sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. 

BACA JUGA:Warga Bersihkan Ranting Pohon, Agar Lingkungan Lebih Sehat dan Jalan Raya Lebih Aman

Ia menanam jagung tersebut, untuk dijual ke pengepul jagung lokal ketika panen tiba.

Dengan demikian, Jupri mendapatkan pemasukan uang yang membantu keluarganya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah adiknya. 

Sumber: