Mengenal 5 Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh di Dunia, Ini penjelasannya

Mengenal 5 Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh di Dunia, Ini penjelasannya

salah satu ilmuan dunia yakni Al-Khawarizmi-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Para ilmuwan telah memainkan peran penting dalam kemajuan peradaban sepanjang sejarah, memberikan solusi untuk berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat.

Di antara mereka, ilmuwan Muslim telah memberikan kontribusi yang signifikan dengan penemuan-penemuan berpengaruh di dunia. Berikut adalah lima ilmuwan Muslim yang patut diperhatikan:

1. Ibnu Sina (980-1037 M)

   Lahir di Afsyahnah (kini Uzbekistan), Ibnu Sina dikenal atas kontribusinya dalam kedokteran dan filsafat. Karya terkenalnya, "Kitab Al-Qanun fi Al-Tibb," menjadi rujukan penting dalam dunia kedokteran. Ia wafat di Hamadan, Persia (kini Iran).

BACA JUGA:Intip Performa POCO X6 5G yang Katanya Gacor, Berikut Penjelasan Spesifikasinya

2. Al-Khawarizmi (780-850 M)

   Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi lahir di Khwarezmia (kini Khiva, Uzbekistan). Ia adalah ahli matematika dan astronomi yang terkenal karena penemuannya dalam algoritma, yang menjadi dasar pengembangan komputer. Al-Khawarizmi meninggal di Baghdad.

3. Jabir Ibnu Hayyan (750-803 M)

   Jabir Ibnu Hayyan, dikenal sebagai Geber di Barat, lahir di Kuffah, Irak. Kontribusinya dalam perkembangan ilmu kimia di Eropa sangat signifikan. Ia wafat pada tahun 803 M.

4. Ibnu Al-Haytham (965-1040 M)

   Alhazen, nama lain dari Abu Ali al-Hasan bin al-Hasan bin al-Haitsam, lahir di Basrah, Irak. Karyanya dalam "Kitab Al-Manazir" membahas penglihatan atau optik, membuatnya berpengaruh dalam bidang matematika, astronomi, dan fisika.

BACA JUGA:Beta Trail ALP 200, Motor Trail Terbaru yang Memikat!

5. Al Jazari (1136-1206 M)

   Al-Jazari, lahir di Mesopotamia, Irak, dikenal sebagai bapak robot karena menciptakan robot pertama dalam sejarah. Kehebatannya sering dibandingkan dengan ilmuwan Eropa Leonardo da Vinci. Ia wafat di Cizre, Turki.

Sumber: