SMPN-01 Muaradua Bangun Taman Baca untuk Tingkatkan Minat Baca Siswa

SMPN-01 Muaradua Bangun Taman Baca untuk Tingkatkan Minat Baca Siswa

Taman Baca SMPN 1 Muaradua OKU Selatan-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Unit Pelaksana Tugas (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-01) Muaradua, OKU Selatan, telah menginisiasi pembangunan taman baca guna memberikan siswa suasana yang nyaman dalam menggeluti dunia literasi.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa di sekolah tersebut.

Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N-1) Muaradua, Noni Apriani, S. Pd, mengungkapkan pandangannya terhadap pentingnya literasi bagi siswa.

"Buku adalah jendela dunia bagi murid-murid untuk mengetahui ilmu pengetahuan dan segala hal dalam dunia ini. Bahkan, melalui buku, mereka dapat memahami aspek spiritual di masa depan," ujarnya saat diwawancarai pada Senin, 11 Maret 2024.

BACA JUGA:Pemdes Gemiung Berhasil Panen 1.258 Kg Ikan Lele

Noni menjelaskan bahwa meskipun berbagai jenis buku telah tersedia di perpustakaan sekolah, ruang baca sering kali tidak cukup untuk menampung seluruh siswa.

Oleh karena itu, SMPN-01 Muaradua mencetuskan ide taman baca sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan minat baca siswa.

"Taman baca telah dibangun di halaman sekolah dengan tempat duduk yang nyaman. Ini memungkinkan siswa membaca buku baik fiksi maupun nonfiksi di waktu luang mereka, di luar jam belajar atau istirahat," ungkapnya.

Selain taman baca, buku-buku juga tersedia di pojok-pojok baca di setiap kelas, memudahkan siswa untuk membaca di ruang kelas masing-masing.

BACA JUGA:Cara Menanam Anggur yang Mudah di Halaman Rumah, Berikut Caranya

Program gerakan literasi sekolah terus dievaluasi, termasuk penataan taman baca, pengadaan buku, jurnal literasi harian dan mingguan, serta berbagai perlombaan literasi.

"Melalui gerakan literasi sekolah, kami berharap siswa SMPN 01 Muaradua dapat menjadi pelajar yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila yang Merdeka, yang merupakan kebanggaan bagi sekolah," tambahnya. (Dal)

Sumber: