Wah! Pasokan Sampah ke TPA Pelawi Meningkat 60 Persen Selama Ramadan

Wah! Pasokan Sampah ke TPA Pelawi Meningkat 60 Persen Selama Ramadan

Tercatat selama Bulan Suci Ramadan 1445 H pasokan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pelawi Kecamatan Buay Rawan, OKU Selatan mengalami peningkatan hingga 60 persen dari hari biasa.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Selama Bulan Suci Ramadan 1445 H, pasokan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pelawi di Kecamatan Buay Rawan, OKU Selatan, mengalami peningkatan signifikan hingga mencapai 60 persen dari hari-hari biasa.

"Hari-hari puasa ini, jumlah sampah meningkat hingga dua kali lipat, terutama karena peningkatan konsumsi makanan yang naik hampir sepertiga kali lipat dibandingkan hari-hari biasa," ujar Hermansyah Said, S.IP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), melalui Kepala UPT TPA Pelawi, Aan Supriadi, SE., M.M, pada Rabu, 27 Maret 2024.

Supriadi menambahkan bahwa peningkatan volume sampah ini menjadi tantangan besar bagi petugas pengangkutan, terutama yang berasal dari kecamatan yang jaraknya cukup jauh dari lokasi TPA.

BACA JUGA:Meresahkan, Polisi Pamong Praja Mengamankan Orang Gila yang Mengganggu Masyarakat di Muaradua

"Peningkatan volume sampah ini juga berdampak pada peningkatan biaya pengangkutan. Sekitar 60 persen dari total sampah harian merupakan tambahan akibat peningkatan ini," tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa untuk mengatasi peningkatan ini, pihaknya melakukan pengerukan secara bertahap dengan menggunakan alat berat agar tidak terjadi penumpukan.

Selain biaya operasional yang meningkat, peningkatan volume sampah juga berarti peningkatan beban kerja bagi petugas pengangkutan.

BACA JUGA:Lapas Muaradua Berbagi Takjil Gratis di Depan Pengguna Jalan

Meskipun demikian, tim tetap menjalankan tugas dengan baik sesuai yang diharapkan dari mereka, kendati ada beberapa keluhan terkait keterbatasan operasional dan lainnya.

"Alhamdulillah, tim kami tetap beroperasi dengan baik meskipun ada sedikit keluhan terkait keterbatasan operasional dan sebagainya," ungkapnya. (Dal)

Sumber: