Warga Desa Datar Berinisiatif Swadaya Timbun Jalan Lumpur untuk Memperlancar Akses Transportasi

Warga Desa Datar Berinisiatif Swadaya Timbun Jalan Lumpur untuk Memperlancar Akses Transportasi

Puluhan warga Desa Datar, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan secara swadaya timbun jalan lumpur, Minggu 12 Mei 2024.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Puluhan warga Desa Datar, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan secara swadaya menimbun jalan lumpur pada hari Minggu, 12 Mei 2024.

Jalan lumpur tersebut terletak di sepanjang jalan penghubung antara Desa Pendagan dan Desa Datar, di Kecamatan Muaradua.

"Sebagian jalan telah dicoba dengan beton, namun sekitar 100 meter lagi dari sini terdapat kerusakan akibat seringnya dilewati oleh mobil dengan muatan berat dan terkena guyuran hujan, sehingga menjadi lumpur," ujar HI, salah seorang warga Desa Datar.

HI menyatakan bahwa warga Desa Datar mengambil inisiatif untuk menimbun jalan secara swadaya dengan menggunakan batu agar memudahkan lintasan.

BACA JUGA:Lagi Gacor, Vinicius Jr Mendekati Puncak untuk Raih Ballon d'Or dengan Performa Yang Gemilang di Real Madrid

"Ketika musim hujan tiba, jalan ini sangat sulit dilalui baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, oleh karena itu kami melakukan aksi swadaya ini," tambahnya.

"Ialah jalan baru, karena jalan menuju Desa Pendagan-Desa Mehanggin-Desa Datar telah mengalami kerusakan parah, maka dari itu kami memilih untuk menggunakan rute ini," jelasnya.

Salah seorang warga lain menambahkan bahwa mereka melakukan swadaya ini untuk mempermudah akses transportasi.

BACA JUGA:Biar Gak Salah Beli, Ini 2 Rekomendasi HP Snapdragon 6 Gen 1 Karena Menawarkan Performa Unggulan

"Setelah penimbunan, lumpur tidak lagi menjadi masalah besar, karena sebelumnya jalan ini penuh lubang-lubang sehingga menyulitkan kendaraan, terutama motor," ucapnya.

Dengan adanya penimbunan ini, diharapkan dapat sedikit mempermudah pengguna jalan saat melewati rute tersebut.

"Sebenarnya sudah ada rencana untuk melakukan pengeboran, namun hanya tinggal beberapa meter lagi. Bagaimanapun, kami sebagai warga sangat berterima kasih karena jalan ini telah diperbaiki," pungkasnya. (Dal)

 

 

Sumber: