Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 Bersama Kemendagri

Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 Bersama Kemendagri

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda OKU Selatan Amroelian Thoni,S.STP mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 bersama Kemendagri di Ruang Vidcon Dinas Kominfo OKU Selatan. senin (20/05/2024). -foto: Diskominfo OKUS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda OKU Selatan Amroelian Thoni,S.STP mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 bersama Kemendagri secara virtual, bertempat di Ruang Vidcon Dinas Kominfo OKU Selatan. senin (20/05/2024).

Rakor dipimpin oleh Inspektur Jenderal Kemendagri RI Komjen Pol. Drs. Tomsi Tohir,.M.Si., yang diikuti oleh para Menteri/Kepala Negara Pemerintah non Pemerintah, Gubernur, Bupati, Walikota se-Indonesia dan segenap undangan lainnya.

Dalam arahannya Tomsi Tohir mengharapkan seluruh kepala daerah dapat mengoreksi perkembangan kenaikan Inflasi dan dapat berpedoman dengan tetangga daerahnya. 

Sementara itu, komoditas yang mengalami kenaikan harga dari Minggu ke dua bulan mei ke Minggu ke tiga berupa Bawang merah sebanyak 298Kabupaten/kota, cabe merah sebanyak 247 Kabupaten/Kota dan gula pasir 199 Kabupaten/Kota.

" Kita pada rakor kali ini di harapkan dapat berfokus pada kenaikan harga komoditas di minggu ke tiga mei ini, sehingga dapat mencari solusi terbaik dalam penanganannya. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dapat benar-benar dijalankan sesuai dengan laporan yang di sampaikan melalui wasinflasi.kemendagri.go.id.," ungkapnya.

BACA JUGA:UPTD Pariwisata Gelar Aksi Bersih-Bersih di Pelataran Objek Wisata Danau Ranau OKU Selatan

BACA JUGA:43 Peserta Ikuti Tes Wawancara Calon Anggota Panwascam Pilkada 2024

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Pudji Ismartini memaparkan data terkait tinjauan inflasi dan Indeks Perkembangan Harga (IPH) pada minggu ketiga bulan Mei tahun 2024.

“Berdasarkan Pemantauan harga SP2KP pada Minggu kedua mei 2024 beberapa komoditas pangan harganya meningkat dan perlu di waspadai karena terjadi penambahan jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan harga adalah : Bawang, Cabai Merah, Gula Pasir, Bawang Putih dan Telur Ayam Ras. Sementara itu, harga beras terus mengalami penurunan sampai dengan Minggu ketiga mei 2024 seiring dengan masuknya periode panen raya sepanjang Maret hingga April 2024," jelasnya

Rapat dilanjutkan dengan pemaparan dari beberapa kementerian dan lembaga lainnya seperti, Kementerian Perdagangan, Bulog, Badan Pangan Nasional serta lembaga terkait lainnya hingga selesai.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Koperindag, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perhubungan, Kabag Perekonomian, dan Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU Selatan. (rill/end)

 

Sumber: