BPBD OKU Selatan Ajak Siswa Memahami Penanganan Bencana

BPBD OKU Selatan Ajak Siswa Memahami Penanganan Bencana

Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan ajak siswa memahami tata cara mengatasi bencana dan pencegahan.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan mengajak siswa untuk memahami prosedur penanggulangan bencana dan upaya pencegahannya melalui edukasi serta pengenalan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Salah satu langkahnya adalah dengan mendatangkan tamu dari siswa-siswi Insan Mulia untuk memperkenalkan program tersebut, beberapa waktu yang lalu.

Penyelenggaraan program SPAB telah diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program SPAB, yang melibatkan kegiatan pada situasi normal (pra-bencana), situasi darurat, dan pasca bencana.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD OKU Selatan, Koni Romli, S. Pd., MM, menyampaikan tujuan utama dari Program SPAB ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya di satuan pendidikan dalam menanggulangi serta mengurangi risiko bencana.

BACA JUGA:HUT Bhayangkara, Polres OKUS Bantu Sumur Bor ke Pesantren

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Warga Swadaya Bersihkan Masjid

"Selain itu, program ini bertujuan melindungi investasi pada satuan pendidikan agar aman dari bencana, meningkatkan kualitas sarana dan prasarana di satuan pendidikan untuk mengurangi risiko bencana," ujarnya.

Tujuan lainnya adalah memberikan perlindungan dan keselamatan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari dampak bencana di satuan pendidikan, serta memastikan kelangsungan layanan pendidikan dan memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan karakteristik risiko bencana.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memulihkan dampak bencana di satuan pendidikan dan membangun kemandirian satuan pendidikan dalam menjalankan program SPAB.

Sumber: