SRGF Inisiasi Herman Deru Resmi Masuk Agenda Tahunan Nasional

SRGF Inisiasi Herman Deru Resmi Masuk Agenda Tahunan Nasional

Gubernur Sumsel Herman Deru dan pejabat lainya, mengayuh sepeda di event SRGF V tahun 2023-foto: Humas Pemprov Sumsel-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Event Tahunan  Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF)  2023  kembali digelar di pelataran Danau Ranau Kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru sekitar pukul 07.00 Wib, Sabtu (19/8) pagi, para goweser memulai start mengayuh sepeda berkeliling di seputaran lintasan Danau Ranau.

BACA JUGA:Goweser Asal Club Jakarta Bawa Pulang Mobil di SRGF, Berikut Daftar Nama-Nama Pemenang Lainya

Dalam event SRGF yang diinisiasi Gubernur Herman Deru digelar untuk kelima kalinya melibatkan tidak kurang dari 1000 peserta termasuk diantaranya Ade Agung Dinatara pembalap nasional asal Sumsel, selain peserta dari manca negara seperti  dari Australia, Prancis dan Pakistan.



SRGF yang  memperlombakan 10 kategori, masing-masing diantaranya Kategori Road Bike (RB)  Men Elite  yang memperebutkan hadiah berupa 1 unit mobil dengan jaral tempuh 102 Km.

Kemudian kategori RB Men Junior,  RB Master  A, RB Master B, RB  Women Junior dan RB Women dengan masing-masing kategori memperebutkan hadiah motor roda dua.

BACA JUGA: Meriah, Ribuan Peserta Ikuti Sriwijaya Ranau Gran Fondo 2023, Rebutkan Mobil,Motor,Sepeda dan Hadiah Hiburan

Selanjutnya  kategori lomba MTB Men, MTB Women, Tiny Whell Men dan Tiny Whell Women masing-masing memperebutkan hadiah sepeda Polygon siskiu D5.

Selain mendapatkan hadiah tersebut para pemenang dari berbagai kategori diberikan mendali dan sejumlah uang pembinaan. SRGF kali ini juga dimeriahkan dengan keikutsertaan peserta Fun Bike dari umum.

BACA JUGA:Tri Suaka Hipnotis Penonton Sriwijaya Gan Fondo 2023

Sebelum melepas peserta lomba, Gubernur Herman Deru  menyampaikan  terimakasihnya kepada para sponsor dan  serta kepala daerah  Bupati/Walikota di Sumsel  serta kepala daerah dari Provinsi tetangga yang telah ikut hadir langsung menyemarakan event yang telah ditetapkan sebagai  salah satu agenda nasional dengan lokasi Danau Ranau atau danau terbesar kedua setelah Danau Toba tersebut.

"Kita ketahui bahwa  Sriwijaya Ranau Gran Fondo ini merupakan yang ke lima kalinya kita gelar. Banyak dampak positif yang kita dapatkan utamanya ekonomi di sekitar begitu menggeliat," ucap Herman Deru.

Lebih jauh dia menambahkan, contoh nyata dampak positif  yang dirasakan daerah ini dengan digelarnya SRGF   aneka jajanan dan    kuliner yang dijual warga banyak yang terjual.

BACA JUGA:Goweser Terkesan Dengan Danau Ranau di SRGF, Omzet UMKM Meningkat

Demikian juga dengan  hunian homestay full,  dan yang tak kalah pentingnya objek Wisata Danau Ranau kian dikenal dikancah nasional.

"Inilah salah satu alasan Saya menginisiasi event digelar setiap tahun," tutup Herman Deru.



Sementara itu Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo  menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Gubernur Herman Deru, dan  seluruh peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia yang telah meramaikan SRGF Tahun 2023 di Danau Ranau OKU Selatan.

BACA JUGA: Gubernur Herman Deru Bersosialisasi dengan Warga OKU Selatan Lewat Konvoi Vespa Sejauh 53 KM

"Geliat ekonomi masyarakat luar biasa  homestay terisi penuh yang memberikan efek besar terhadap roda perekonomian sekitar," tandasnya.

Usai melepas para peserta, Gubernur Herman Deru bersama Bupati OKUS Popo Ali Martopo, Forkopimda, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani HD dan Ketua TP PKK OKU Selatan dan para kepala OPD yang melakukan goes bareng dilintasan SRGF sekitar Danau Ranau.

Selanjutnya rombongan Gubernur melanjutkan agenda kerjanya di Kecamatan Warkuk sembari menunggu peserta kembali ke garis  finish.

Sumber: