Kekayaan Budaya Jambi: Mengupas Dua Kisah Rakyat Unik dari Negeri Pesisir Betuah

Kekayaan Budaya Jambi: Mengupas Dua Kisah Rakyat Unik dari Negeri Pesisir Betuah

Budaya Jambi yang Kaya, Mengenal 2 Cerita Rakyat Unik dari Daerah Ini--

Harianokus.com - Kota Jambi, dengan semboyan "Tanah Pilih Pesako Betuah," mencerminkan pusat pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaannya yang kuat. Budaya masyarakat Jambi didasarkan pada teguhnya adat istiadat dan hukum adat yang dianut oleh penduduknya. Selain itu, Jambi juga menyimpan harta karun berupa cerita rakyat yang sarat dengan nilai-nilai moral. Dua cerita rakyat unik yang patut dikenal adalah "Si Kelingking" dan "Angso Duo."

 

BACA JUGA:Jembatan gantung Pasar Lama Muaradua Simpan Cerita Mistis, Sering Hadir Penampakan Mandor Tanpa Kepala

1. Si Kelingking

 

Cerita rakyat "Si Kelingking" dari Jambi mengisahkan seorang pemuda bernama Si Kelingking. Cerita ini mengandung pesan moral penting tentang kesetiaan, kebijaksanaan, dan konsekuensi bagi mereka yang berbuat jahat.

 

Kisah dimulai dengan seorang raja yang memiliki penasihat bijaksana bernama Si Kelingking, yang memiliki ciri khas berupa kaki yang sangat pendek. Meskipun penampilannya tidak sempurna, kebijaksanaannya sangat dihormati oleh raja. Ketika negeri tetangga ingin menyerang kerajaan, raja meminta saran Si Kelingking. Dengan bijaksana, Si Kelingking mengusulkan rencana untuk menjaga perdamaian daripada berperang, yang berhasil dijalankan oleh raja.

 

Namun, seorang bangsawan yang iri terhadap Si Kelingking memutuskan untuk menggantikannya sebagai penasihat raja dan menghasut raja untuk memecat Si Kelingking dengan tipu daya. Raja mengeksekusi Si Kelingking tanpa mengetahui tipu daya tersebut. Akhir cerita mengajarkan raja tentang pentingnya kesetiaan, bijaksana, dan konsekuensi buruk mendengarkan nasihat yang salah.

 

BACA JUGA:Cerita Legendaris Danau Rakihan OKU Selatan Yang Terus Melekat, Seorang Nenek Kelaparan Hingga Ular Raksasa

 

2. Angso Duo

Sumber: