Tanggap Darurat Bencana, PMI OKU Selatan Lakukan Pelatihan Penanggulangan

Tanggap Darurat Bencana, PMI OKU Selatan Lakukan Pelatihan Penanggulangan

Pelatihan penanggulangan bencana di OKUS.-foto: Diskominfo OKUS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) telah menggelar Pelatihan Penanggulangan Bencana di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan pada Tahun 2023.

Acara ini berlangsung pada Rabu (08/11/2023).

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris PMI Kabupaten OKU Selatan, Maimunah, SKM.,M.M., atas nama Ketua PMI Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo, S.H..

Diungkapan dia bahwa kesiapsiagaan dalam menghadapi tanggap darurat bencana adalah serangkaian langkah yang harus diambil untuk mengantisipasi bencana melalui tindakan yang efektif dan bermanfaat.

BACA JUGA:Peningkatan Akses Wisata, Bupati OKU Selatan Awasi Progres Jalan ke Danau Ranau

Penanggulangan bencana memerlukan sumber daya manusia yang handal. Kedisiplinan anggota PMI juga menjadi faktor kunci dalam penanganan situasi darurat ini.

 "Kami di sini berusaha meningkatkan kemampuan semua relawan PMI dalam hal penanganan musibah,"jelas Maimunah.

Lebih lanjut, Maimunah menekankan pentingnya kegiatan ini dalam meningkatkan profil PMI.

Kerjasama lintas sektoral juga menjadi kunci dalam penanganan keadaan darurat, sehingga masyarakat dapat menerima bantuan dengan cepat dan efisien.

BACA JUGA:Sekda OKU Selatan Minta TPID Jaga Stabilitas Harga Pangan dan Inflasi Daerah

"Alhamdulillah, dalam penanganan keadaan darurat bencana ini, banyak upaya yang telah dilakukan oleh anggota PMI dan relawan di berbagai Kecamatan. PMI Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan bekerja sama erat dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan dalam menangani bencana banjir, evakuasi korban kebakaran dan banjir, serta tanah longsor," ungkapnya.

Acara pelatihan ini dihadiri oleh 150 peserta, yang merupakan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dari 19 Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pelatihan penanggulangan bencana oleh dua narasumber dari BPBD OKU Selatan, yaitu Koni Ramli, S.Pd., M.M., dan Edy Kurniadi. (rill/end)

Sumber: