Ditetapkan Pramuka sebagai Wadah Pembinaan Generasi Muda di OKU Selatan

Ditetapkan Pramuka sebagai Wadah Pembinaan Generasi Muda di OKU Selatan

Lomba Prestasi II (GLORI II) bertempat di SMA Negeri 1 Simpang, Sabtu (11/11/2023).-foto: Diskominfo OKUS-

SIMPANG, HARIANOKUS.COM - Wakil Bupati OKU Selatan, Sholehien Abuasir, S.P., M.Si, yang juga menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka OKU Selatan, secara resmi membuka Lomba Prestasi II (GLORI II) di SMA Negeri 1 Simpang pada Sabtu (11/11/2023).

Dalam laporan Ketua Sangga Kerja Glori II, Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Simpang, disampaikan bahwa Gerakan Pramuka dianggap sebagai wadah pembinaan generasi muda yang terus mengembangkan pendidikan, membina watak, dan keterampilan.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan, Gerakan Pramuka bertujuan menciptakan kader-kader pembangunan bangsa yang berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan dasar keimanan, taqwa, dan kepribadian Pancasila.

BACA JUGA:Harga Jual Pisang Jenis Ambon di OKU Selatan Masih Tinggi

Glori adalah kegiatan kompetisi penegak se-Kabupaten OKU Selatan, yang menguji peserta dalam aspek spiritual, kematangan emosional, kegiatan sosial, intelektual, dan kegiatan fisik. Tujuan utamanya adalah menciptakan alumni yang menjadi tunas-tunas bangsa.

Rangkaian kegiatan Glori II mencakup Lomba Pidato Bahasa Inggris, Smart Scout Competition, Pionering, dan Adventure Games, melibatkan 24 Sangga SMA di OKU Selatan.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka OKU Selatan, yang akrab disapa Kak Sholehien di dalam kegiatan pramukaan, memberikan apresiasi dan dukungan kepada seluruh panitia pelaksana. "Kegiatan ini sangat positif," ujarnya.

BACA JUGA: Pantai Bidadari OKU Selatan Masih Jadi Favorit Wisatawan Saat Akhir Pekan

Ia berharap bahwa Glori II dapat menjadi sarana konsolidasi, ajang adu bakat, dan prestasi para peserta. Selain itu, diharapkan mampu melahirkan prestasi-prestasi handal dari putra dan putri OKU Selatan.

"Dalam kesempatan ini, Kak Sholehien juga menekankan pentingnya memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pemuda saat ini adalah penerus generasi yang akan datang, dengan tugas utama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta mengisi kehidupan dengan hal-hal positif," tegasnya. (dst/rill)

Sumber: