Semangka Cocok Ditanam Saat Kemarau

Semangka Cocok Ditanam Saat Kemarau

Tanaman Semangka yang ditanam Petani.--

OKU TIMUR, HARIANOKUS.COM - Petani di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur menemukan cara cerdas untuk menghadapi musim kemarau dengan tetap mengoptimalkan kegiatan pertanian.

Seorang petani bernama Bibit di Kecamatan Semendawai Suku III memilih beralih dari tanaman utama sebelumnya ke tanaman semangka selama musim kemarau.

Bibit, yang sebelumnya berprofesi sebagai supplier semangka selama tiga tahun, melihat potensi besar dalam budidaya semangka.

BACA JUGA:Ajak Warga Budidayakan Tanaman Pangan di Pekarangan Rumah

 Ia memanfaatkan lahan nganggur tanpa perlu membayar sewa karena diperbolehkan menanam semangka di lahan persawahan seluas 1 hektar milik beberapa tetangga dengan prinsip simbiosis mutualisme.

"Karena kalau dipakai untuk tanam semangka, pas masuk musim tanam padi, tanahnya jadi lebih subur. Padinya jadi lebih gemuk," ungkap Bibit.

BACA JUGA:Masuk Musim Hujan, Warga OKU Selatan Mulai Rencana Tanam Jagung

Selain itu, penanaman semangka hanya membutuhkan waktu sekitar 80 hari, dengan konsumsi air yang lebih sedikit dibandingkan dengan tanaman padi.

Hal ini membuat semangka menjadi pilihan yang cocok untuk ditanam selama musim kemarau, di mana pasokan air terbatas.

Dengan harga jual semangka sekitar Rp 5 ribu per kilogram di pasaran, Bibit berharap dapat meraih keuntungan yang cukup besar, mengingat investasi dan risiko yang relatif rendah. (*)

Sumber: