7 Tanaman Obat yang Mudah Ditemukan di Sekitar Kita

 7 Tanaman Obat yang Mudah Ditemukan di Sekitar Kita

Obat-obatan Tradisional -Desti-

MUARADUA,HARIANOKUS.COM - Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat alami, tanaman obat tradisional kembali populer. Berikut ini beberapa tanaman obat yang mudah ditemukan dan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, sebagai alternatif pengobatan alami:

Kunyit: Tumbuhan kunyit sering digunakan dalam masakan, dan memiliki beragam khasiat untuk kesehatan, seperti bersifat antioksidan, antiradang, hingga mencegah infeksi.

Jahe: Sering digunakan sebagai minuman, jahe dapat meringankan sakit perut, mual, dan masuk angin, serta menjaga stamina tubuh.

Lidah buaya: Lidah buaya diketahui baik untuk kesehatan rambut, mengobati luka bakar, dan melembabkan kulit. Banyak produk perawatan yang menggunakan ekstrak lidah buaya.

BACA JUGA:Bupati Popo Ali Dukung Berdirinya DPD IWOI OKU Selatan

Serai: Tanaman serai bermanfaat dalam mengatasi masuk angin, membantu pencernaan, dan sebagai penenang. Aroma serai juga sering digunakan dalam terapi aromaterapi.

Daun sirih: Daun sirih, yang umum ditemukan di Asia Tenggara, dapat digunakan untuk mengatasi bau badan, gingivitis, dan radang tenggorokan.

Daun jambu: Daun jambu memiliki beragam manfaat, seperti mengatasi mulut berdarah, pilek, dan diare.

Daun kelor: Daun kelor memiliki sifat antioksidan tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan imunitas, dan mempercepat penyembuhan luka.

BACA JUGA:KPU RI Tetapkan 3 Pasangan Capres-Cawapres Telah Memenuhi Syarat

Penting untuk diingat bahwa meskipun tanaman tersebut merupakan obat alami, berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya tetap diperlukan, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Selalu pastikan Anda mendapatkan sumber tanaman yang aman dan bebas pestisida, untuk menjaga kualitas khasiat tanaman tersebut.(dest) 

Sumber: