Menhub Pastikan Kepadatan di Pelabuhan Merak Selama Nataru Tetap Terkendali

Menhub Pastikan Kepadatan di Pelabuhan Merak Selama Nataru Tetap Terkendali

Kepadatan Kendaraan Saat Nataru -Desti-

 

MUARADUA,HARIANOKUS.COM - Dalam rangka menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2023, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa situasi lalu lintas di kawasan Merak dan Bakauheni masih terkendali.

Puncak pergerakan arus mudik diprediksi terjadi sejak Jumat hingga sabtu. (26/12/2023) 

Berdasarkan pantauan dan evaluasi yang dilakukan, Menhub menyampaikan bahwa volume to capacity ratio (V/C ratio) masih di bawah 0,4 di daerah Banten.

Hal ini menunjukkan bahwa pelabuhan masih memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung jumlah kendaraan dan penumpang yang melebihi kapasitas normal pada saat libur Natal dan Tahun Baru.

BACA JUGA:Pengamanan Ketat Untuk Nataru, Polres OKUS Semangat Jalankan Tugas

Selain itu, seluruh pemangku kepentingan terkait berkomitmen untuk memastikan agar V/C ratio tetap dalam batas wajar dan terkendali.

Salah satu langkah yang diambil adalah pembatasan pembelian tiket di sejumlah radius tertentu.

Untuk Pelabuhan Merak, pembelian tiket dibatasi pada radius 4,71 km dari titik tengah pelabuhan, sementara untuk Pelabuhan Bakauheni, pembelian tiket dibatasi pada radius 4,24 km.

"Pengaturan pembelian tiket ini bertujuan untuk membatasi jumlah kendaraan dan penumpang yang datang ke pelabuhan, sehingga V/C ratio tetap dalam batas wajar," ungkap Menhub, Sabtu (23/12/2023).

Selain itu, penggunaan delaying system dan buffer zone juga menjadi salah satu cara untuk menjaga agar lalu lintas di sekitar pelabuhan tetap terkendali. Buffer zone dan delaying system diaplikasikan untuk menghindari terjadinya kerumunan dan memastikan para penumpang dapat naik ke kapal secara teratur.

Aplikasi delaying system diharapkan dapat mengurangi ketidaknyamanan para pengendara yang mengantri untuk naik ke kapal.

Dalam upaya menjaga keamanan dan kenyamanan para penumpang, sistem pembelian tiket secara online juga akan dimaksimalkan untuk memudahkan para calon penumpang.

Seluruh kendaraan yang akan berangkat dari pelabuhan wajib memiliki tiket satu hari sebelum jadwal keberangkatan.

Sumber: