Penyebab Badan Nyeri dan Pegal: Berbagai Faktor yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Badan Nyeri dan Pegal: Berbagai Faktor yang Perlu Diwaspadai

Badan pegal dan linu.-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Keluhan badan pegal dan lemas mungkin sering dianggap sebagai hal yang wajar jika hanya terjadi sesekali.

Namun, jika keluhan ini menjadi sering dirasakan, apa penyebabnya? Jadi, mari kita cari tahu lebih lanjut!

Badan yang sering mengalami rasa pegal tidak hanya menjadi keluhan umum, tetapi juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meskipun sering dianggap tidak berbahaya, penting untuk tetap waspada, terutama jika keluhan ini disertai dengan gejala nyeri yang bersifat tajam atau menetap.

Beberapa penyebab badan pegal yang perlu diwaspadai antara lain:

BACA JUGA:Resep Olahan Rawon Daging, Hidangan Kuliner yang Memikat Selera!

1. Infeksi:

Pilek, flu, dan infeksi virus atau bakteri dapat menyebabkan badan pegal. Sistem imunitas tubuh merespons dengan mengirim sel darah putih untuk memerangi infeksi, yang dapat menyebabkan peradangan dan membuat tubuh terasa pegal dan kaku.

2. Obat-obatan:

Beberapa jenis obat, seperti statin (antikolesterol) dan obat penurun tekanan darah, dapat menyebabkan efek samping berupa badan pegal dan kaku.

Menghentikan konsumsi alkohol atau obat terlarang juga dapat menghasilkan efek serupa.

3. Retensi Cairan:

Tubuh yang menyimpan terlalu banyak cairan dapat mengakibatkan peradangan dan pembengkakan, menyebabkan kram dan nyeri otot.

Penyebabnya termasuk gangguan tiroid, gagal jantung, sirosis hati, malnutrisi berat, penyakit ginjal kronis, insufisiensi vena, dan masalah drainase pembuluh limfa.

Sumber: