Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 01 OKU Selatan Dorong Siswa Belajar dengan Teknologi

 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 01 OKU Selatan Dorong Siswa Belajar dengan Teknologi

Managemen sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN-01) OKU Selatan dengan membiasakan siswa belajar menggunakan teknologi komputer.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Perkembangan pesat dalam era digital memotivasi pelaku pendidikan untuk terus memperbarui metode pembelajaran mereka dengan mengintegrasikan teknologi.

Hal ini juga tercermin dalam upaya manajemen Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN-01) OKU Selatan yang mendorong siswa untuk mengadopsi penggunaan teknologi komputer dalam proses belajar-mengajar.

Kepala MTsN 1 OKU Selatan, Yusuf Yahya Rosidin, S. Pd, menekankan pentingnya peran guru dalam mengikuti perkembangan zaman.

Menurutnya, tidak ada perbedaan antara guru senior dan junior, karena semua harus memiliki kesediaan untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas diri sebagai pendidik.

BACA JUGA:Pasca Keluar Keputusan MA, Hotel Ranau Indah (RI) OKU Selatan dilakukan Eksekusi Pembongkaran

"Semua harus mau sama-sama belajar untuk menjadi guru yang lebih baik," ungkapnya pada Sabtu (27/01).

Dalam era digitalisasi ini, metode pembelajaran tidak lagi bersifat satu arah.

Dengan adanya teknologi, siswa dapat lebih cepat menyerap informasi dan pengetahuan secara mandiri.

Yusuf menegaskan bahwa guru juga harus memiliki pemahaman teknologi dan mampu memanfaatkan perangkat seperti laptop dan gadget agar dapat mengikuti perkembangan dinamis dan pemikiran berkembang siswa.

"Maka dari itu, setiap pendidik di semua tingkatan sekolah wajib menguasai teknologi yang terus berkembang. Tujuannya adalah agar proses pembelajaran dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman yang tidak terlepas dari kecanggihan teknologi," ungkapnya.

BACA JUGA:50 Personel Dikerahkan Polres OKU Selatan Demi Amankan Eksekusi Pembongkaran Hotel Ranau Indah (RI)

Yusuf mendorong para pendidik untuk menerapkan metode pembelajaran yang menarik dengan memadukan unsur Teknological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK).

Dia menyatakan bahwa siswa saat ini lebih tertarik dengan pembelajaran audio visual yang memanfaatkan materi dalam bentuk konten, baik melalui presentasi PowerPoint maupun video.

Menurutnya, minat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan metode-metode inovatif seperti itu, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. (Dal)

Sumber: