SMPN-01 Simpang Gelar Penyuluhan Pencegahan Dampak Negatif Game Online dan Gadget

SMPN-01 Simpang Gelar Penyuluhan Pencegahan Dampak Negatif Game Online dan Gadget

Penyuluhan Dampak Negatif Gadget-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-01) Simpang secara aktif berupaya mencegah dampak negatif dari penggunaan gadget dan game online dengan memberikan pemahaman kepada para siswa.

Rita Aziana, S. Pd, Kepala UPT SMPN-01 Simpang, menjelaskan bahwa penyuluhan dilakukan melalui sesi edukasi tentang dampak negatif gadget, pencegahan bullying, dan perundungan, serta bahaya game online.

Tujuannya adalah untuk membangun generasi yang sehat, sadar hukum, merdeka berprestasi, dan berkarakter.

"Sekarang ini sudah banyak yang rusak akibat Game online, makanya kita melakukan penyuluhan agar tidak terjadi pada siswa SMPN-01 Simpang," ungkap Rita Aziana.

BACA JUGA:BAPPEDA OKU Selatan Menggelar Musrenbang ke-19 Kecamatan

Penyuluhan tersebut dipimpin oleh para guru yang bertanggung jawab di bidang Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Bimbingan Konseling (BK), Seni Budaya, dan Prakarya.

Upaya ini diambil untuk mencegah siswa agar tidak terjerumus dalam ketergantungan pada game online yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental mereka.

Rita Aziana juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam mengawasi anak-anak di luar jam sekolah.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun, Rambut Sehat Berkilau, Gatal dan Kutu Hilang

Meskipun SMPN-01 Simpang dapat memberikan penyuluhan dan pemantauan di lingkungan sekolah, peran orang tua di rumah sangat diperlukan.

"Peran orang tua sangat diperlukan untuk mengawasi disaat didalam lingkungan rumah, dan diluar dari jam sekolah, mari kita sama-sama menjaga generasi bangsa," ujar Rita Aziana. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengawasan terhadap aktivitas online anak-anak di lingkungan rumah. (Dal)

Sumber: