Kesiapan Hadapi Pemilu, Dinas Damkar OKU Selatan Gelar Kunjungan Kerja untuk Tingkatkan Penanganan Kebakaran

Kesiapan Hadapi Pemilu, Dinas Damkar OKU Selatan Gelar Kunjungan Kerja untuk Tingkatkan Penanganan Kebakaran

Dinas Pemdam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten OKU Selatan melakukan Kunjungan Kerja (Kungker) ke Muara Enim, pada Jumat (02/02/24).-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten OKU Selatan melakukan Kunjungan Kerja (Kungker) ke Muara Enim pada Jumat (02/02/24).

Plt. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten OKU Selatan, Wiky Agus, ST., MM., MT, menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah untuk meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM) dalam penanganan kebakaran.

"Pembinaan Aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab/Kota Se-Sumatera Selatan dalam Rangka Kesiapsiagaan Pemerintah Daerah pada Pemilihan Umum Tahun 2024 nanti," ungkapnya pada Minggu (04/02/24).

Wiky Agus menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas instruksi Pemerintah Provinsi dan bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam penanganan bencana di masing-masing daerah.

BACA JUGA:31 Jemaah Calon Haji (JCH) di Prabumulih Menunda Keberangkatan Haji, Salah Satunya Karena Alasan Ini

BACA JUGA:Kasus Oknum Camat Nibung Terkait Narkoba, Polisi Perketat Pengawasan di Wilayah Perbatasan

"Dinas kita ini merupakan Dinas yang baru terpisahkan, sehingga masih banyak ilmu yang harus digali oleh Tim agar saat melaksanakan tugas sesuai dengan Standar Operasional (SOP) yang telah ditentukan," jelasnya.

Menurutnya, pengetahuan dalam penanganan bencana kebakaran sangat penting agar tim dapat mengatasi bencana tersebut sesuai dengan SOP dan mencegah timbulnya masalah.

"Alhamdulillah, banyak pengalaman dan ilmu baru yang didapat dari Kabupaten lain selama melakukan kungker ini, dan tentunya itu sangat bermanfaat," ujar Wiky.

Selain itu, melalui kunjungan kerja ini, tim juga memperoleh pengetahuan dalam mengatasi kendaraan pemadam kebakaran jika terjadi kendala ringan atau dalam situasi darurat. (Dal)

Sumber: