Siswa Pramuka SMPN-01 Sindang Danau Bersihkan Desa

Siswa Pramuka SMPN-01 Sindang Danau Bersihkan Desa

Pembina Pramuka Unit Pelaksana Tehnik (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-01) Sindang Danau, Kabupaten OKU Selatan ajak kelompok pramuka aktif bersihkan Desa-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dalam rangka mendidik dan menanamkan nilai-nilai sosialisasi serta pola hidup bersih, Pembina Pramuka Unit Pelaksana Teknik (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-01) Sindang Danau, Kabupaten OKU Selatan, mengajak kelompok Pramuka untuk aktif membersihkan Desa.

Perma Nazli, S. Pd selaku Kepala UPT SMPN-01 Sindang Danau, menyatakan bahwa pihaknya mengapresiasi program yang digagas oleh para siswa Pramuka untuk melakukan Bhakti Sosial (Baksos) berupa kegiatan membersihkan Desa.

"Kami sangat senang dan bangga melihat inisiatif yang diambil oleh siswa-siswi Pramuka dalam menjaga kebersihan Desa secara rutin," ucapnya saat diwawancarai pada Kamis, 08 Februari 2024.

Perma menjelaskan bahwa kegiatan membersihkan Desa dilakukan secara rutin oleh Tim Pramuka SMPN-01 Sindang Danau, meskipun tidak dilakukan setiap hari, namun seringkali dilakukan pada waktu dan tempat yang berbeda.

BACA JUGA:WBP Lapas OKU Selatan Hasilkan Uang Dari Sampah

"Ini merupakan program rutin yang telah diadopsi oleh Tim Pramuka SMPN-01 Sindang Danau," ungkapnya.

Menurutnya, program membersihkan Desa ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah, karena hal tersebut membantu siswa untuk memahami pentingnya lingkungan yang bersih sejak usia dini.

"Alhamdulillah, kebiasaan ini akan menjadi contoh bagi mereka di masa depan, karena kami percaya bahwa hidup bersih memiliki dampak yang sangat positif, dan mereka telah melakukannya dengan baik sejak sekarang," katanya.

Selain memberikan dampak positif bagi siswa, tindakan ini juga memberikan contoh kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA:Ternyata Masa Pakai Busi Motor dan Busi Mobil itu berbeda, Ini Penjelasan dari Ahli

"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat mengurangi pembuangan sampah sembarangan, membersihkan rumput liar yang mengganggu, dan berbagai tindakan lainnya yang meningkatkan kualitas lingkungan," jelas Kepala SMPN-01 Sindang Danau.

Ia menambahkan bahwa SMPN-01 Sindang Danau berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan, karena hal tersebut memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat setempat. (Dal)

Sumber: