Peti Erong Kadingeh-Enrekang, Sejarah kejayaan Toraja di masa lalu yang penuh misteri

Peti Erong Kadingeh-Enrekang, Sejarah kejayaan Toraja di masa lalu yang penuh misteri

Peti Erong peti mati langka yang membongkar jejak kekayaan Budaya Toraja-Poto: DOK/HOS-

HARIANOKUS.COM - Desa Erong di Kadingeh-Enrekang, Sulawesi Selatan telah lama merahasiakan sejarah zuriat Toraja yang kaya dan mempesona. 

Tempat ini, yang dulunya menjadi bagian dari kerajaan Toraja, kini berada di bawah aturan pemerintahan yang lebih modern, namun tetap memiliki pesona dan aura kerajaannya yang kuno.

Baru-baru ini, para ahli arkeologi telah menggali dan menyelidiki Erong dan sekitarnya, dan menemukan beberapa artifak bersejarah yang memukau. 

Salah satu penemuan terbesar adalah sebuah peti mati kuno yang disebut 'peti erong'. 

BACA JUGA:5 Wilayah Negara Terkecil di Dunia: Luasnya yang Kecil, Pesona yang Besar

Peti mati ini merupakan kejadian langka dan sangat penting bagi masyarakat lokal. 

Ini adalah mesin waktu yang membawa kita kembali ke masa kehidupan yang sangat jauh dan menunjukkan tingkat kecerdasan dan keahlian teknologi yang luar biasa.

Sejarah zuriat Toraja yang dimiliki, oleh suku Toraja sewaktu mereka berada di puncak kejayaannya.

Peti erong ini sendiri diperkirakan telah berusia lebih dari ratusan tahun. Namun, keadaannya dalam kondisi yang cukup baik, meski memang sedikit rapuh dan porak-poranda. 

BACA JUGA:Menjelajahi Keindahan Alam Lampung! 7 Destinasi Wisata Non-Pantai yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

Peti ini menjadi bukti bahwa nenek moyang Toraja mendiami wilayah ini pada masa lalu, dan dapat memberikan banyak pengetahuan tentang cara hidup dan kebiasaan suku Toraja tempo dulu.

Peti erong memiliki desain yang sangat khas, dan sangat berbeda dari peti mati Toraja yang biasa ditemukan dengan desain kerbau dan naga. 

Desain peti Erong berdasarkan pada bentuk raga manusia, dan bagian kepala dari peti tersebut mengilhami banyak spekulasi bahwa kepala peti itu mewakili wajah nenek moyang Toraja.

Selain dari peti erong, temuan arkeologi lainnya termasuk ukiran kuno di batu kapur, sumur air, dan beberapa artefak lainnya yang tampaknya berkaitan dengan kehidupan Toraja di masa lalu. 

Sumber: