Kopi, Lidah Buaya, dan Minyak Kelapa! Inilah Trik Jitu untuk Rambut Hitam Berkilau

Kopi, Lidah Buaya, dan Minyak Kelapa! Inilah Trik Jitu untuk Rambut Hitam Berkilau

cara menghitamkan rambut yang alami-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Seiring bertambahnya usia seseorang, rambut hitamnya memudar dan digantikan oleh uban. Di sisi lain, mewarnai rambut menjadi hitam di salon juga memiliki risiko tersendiri.

Seperti yang diketahui banyak orang, rambut hitam merupakan ciri khas dan idaman banyak wanita Indonesia. Ada banyak cara berbeda untuk menggelapkan rambut, baik di salon, menggunakan semprotan, atau produk pewarna. Sayangnya pewarna rambut komersial mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut Anda.

Jika Anda ingin memiliki rambut hitam alami, bahan-bahan alami berikut ini efektif menggelapkan rambut Anda. Di bawah ini ada beberapa cara menggelapkan rambut dengan bahan alami yang bisa Anda coba.

BACA JUGA:Cara Efektif Menurunkan dan Mencegah Obesitas Menurut Spesialis Kesehatan

Berikut bahan alami yang dapat membantu menghitamkan rambut, diantaranya adalah :

1. Minyak kemiri Bahan alami pertama yang dapat menghitamkan rambut adalah minyak kemiri. Manfaat menghitamkan rambut berasal dari kandungan asam lemak omega-3 pada minyak kemiri yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Asam gamma-linoleat dapat melembabkan rambut lebih lanjut, menjadikannya lebih berkilau.

2. Kopi Bahan alami selanjutnya yang dapat menghitamkan rambut adalah kopi. Berkat kandungan kafeinnya, kopi disebut-sebut bisa membuat rambut menjadi lebih gelap. Faktanya, warna hitam kopi dikatakan dapat menggelapkan uban secara alami.

Cara Pemakaian:

• Siapkan secangkir kopi hitam, tanpa gula, krim atau susu • Campurkan ½ cangkir kopi dengan 2 sendok makan bubuk kopi dan 1 cangkir kondisioner • Oleskan campuran tersebut pada kulit yang bersih dan lembab. • Biarkan masker kopi mengeras selama satu jam • Bilas rambut setelah selesai • Ulangi hingga mendapatkan warna hitam yang diinginkan

3. Lidah Buaya Bahan alami lainnya yang dapat menggelapkan rambut adalah lidah buaya. Gel lidah buaya dapat membantu menjadikan rambut hitam berkilau dan berkilau dengan kandungan antioksidannya yang membantu melawan radikal bebas dan menjadikan rambut lebih berkilau. Selain itu, kandungan air yang tinggi mencegah rambut mengering.

BACA JUGA:Resep cara buat Kacang Bawang Gurih dan Renyah, Siap Bikin Lidah Bergoyang!

4. Minyak kelapa Sudah bukan rahasia lagi kalau minyak kelapa bermanfaat untuk rambut. Namun tahukah Anda kalau minyak kelapa ini juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami? Minyak kelapa mengandung asam laurat dalam kadar yang cukup tinggi.

Asam laurat inilah yang disebut-sebut bermanfaat bagi kesehatan rambut, termasuk membuat minyak kelapa lebih mudah terserap ke batang rambut.

Berkat itu, rambut pun menjadi lebih sehat, kuat dan mengurangi risiko memudarnya warna rambut. Meski tidak terlihat secara langsung, setidaknya Anda bisa mencoba cara menggelapkan rambut ini.

Sumber: