Ada Banyak Keutamaan dan Manfaat Sedekah,Berikut Penjelasnnya

Ada Banyak Keutamaan dan Manfaat Sedekah,Berikut Penjelasnnya

ilustrasi Sedekah-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Sedekah adalah perbuatan yang sangat dicintai oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Terdapat banyak manfaat dari Sedekah. Dengan Sedekah, banyak orang dapat terbantu dan tersenyum.

Perlu diketahui bahwa sedekah tidak hanya harus diukur dengan harta benda yang dimiliki, bahkan tindakan non-materi seperti membersihkan jalan dari batu atau benda berbahaya untuk menyelamatkan orang yang lewat, atau membantu dengan tenaga dan pikiran, dapat dianggap sebagai sedekah.

Bahkan, tindakan kecil seperti tersenyum juga bisa dianggap sebagai sedekah, sesuai dengan hadis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi yang berbunyi "Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah".

Dari penjelasan dan hadis di atas, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersedekah, karena melakukan kebaikan dengan ikhlas saja sudah menjadi ibadah dan sedekah di sisi Allah subhanahu wa ta'ala.

Dengan bersedekah, kita juga akan mendapatkan banyak manfaat. Sumateraekspres.id telah merangkum beberapa manfaat dari sedekah yang dilansir dari dompetdhuaffah.org.

Salah satu keutamaan sedekah adalah pahalanya dilipatgandakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Quran, "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah, baik laki-laki maupun perempuan, dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak." (QS. Al-Hadid: 18).

Bahkan sedekah yang bersifat amal jariyah, yang terus menerus dimanfaatkan oleh banyak orang, pahalanya tidak akan terputus meskipun orang yang bersedekah sudah meninggal.

Dengan bersedekah kita juga bisa memperpanjang umur kita dalam arti bahwa amal kebaikan dari sedekah akan terus dikenang melebihi umur hidup di dunia ini. Selain itu, sedekah juga dapat menjauhkan kita dari kematian yang buruk.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya sedekahnya orang muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran, dan sifat bangga pada diri sendiri." (HR. Thabrani).

Orang yang banyak bersedekah, dosa-dosanya akan dihapuskan dengan pahala kebaikan yang berlimpah dari amalan sedekah. Rasulullah Saw bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

Selain itu, sedekah juga bisa menjauhkan kita dari api neraka. Dengan pahala yang berlipat ganda dan dosa-dosa yang dihapuskan, kita juga bisa terhindar dari neraka jahannam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan, “Jauhkan dirimu dari api neraka, walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.” (Muttafaqun ‘alaih).

Sedekah juga bisa melindungi kita dari panasnya saat dikumpulkan di padang Mahsyar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan dalam hadisnya bahwa keutamaan sedekah dapat menjadi naungan bagi umat manusia di hari kiamat.

Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya pada hari kiamat, hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata, “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Diriwayatkan oleh Al-Baihqi, Al-Hakim, dan Ibnu Khuzaimah.

Sumber: