Sosialisasi Pancasila Melalui BTU Pendidikan Pancasila, Menguatkan Pembinaan Ideologi Pancasila di Masyarakat

Sosialisasi Pancasila Melalui BTU Pendidikan Pancasila, Menguatkan Pembinaan Ideologi Pancasila di Masyarakat

Pembinaan Ideologi Pancasila oleh BPIP-desti-

HARIANOKUS.COM - Pada Rabu (3/4), di Gedung Prof. Amin Abdullah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, digelar acara Sosialisasi Pancasila melalui Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila.

Acara tersebut dihadiri oleh para guru dari DIY dan dipimpin oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D, sebagai keynote speaker.

Dalam sambutannya, Prof. Yudian menyampaikan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

Ia menyoroti momen bersejarah Proklamasi Indonesia yang jatuh pada tanggal 9 Ramadan, mengingatkan pentingnya Pancasila sebagai landasan bangsa yang harus dihormati oleh semua elemen masyarakat, termasuk umat Muslim sebagai mayoritas di Indonesia.

Selain itu, Prof. Yudian juga menekankan peran penting para pahlawan dan pejuang kemerdekaan dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Mereka telah mengorbankan segalanya demi mewujudkan negara Indonesia yang pada awalnya hanyalah sebuah nama.

Penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan tersebut menjadi bagian dari upaya memperkuat persatuan, kesatuan, dan menjaga keberagaman sebagai kekayaan bangsa.

BACA JUGA:Kasus Korupsi Pembangunan Mess UIN Raden Fatah Naik ke Penyidikan

Acara tersebut juga menyoroti pentingnya kesepakatan antara pemerintah dan para guru mengenai perspektif dan materi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

Selain itu, penggunaan teknologi juga diangkat sebagai alat bantu penting dalam sosialisasi ini, dengan tujuan memperluas jangkauan pesan Pancasila kepada masyarakat.

Diakhir, Ir. Prakoso, M.M. selaku Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, menekankan perlunya peningkatan kompetensi guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Evaluasi terus-menerus terhadap praktik yang sejalan dengan prinsip Pancasila menjadi fokus dalam skenario pembelajaran Pancasila melalui BTU Pendidikan Pancasila.

Acara ini menegaskan bahwa BTU Pendidikan Pancasila memainkan peran yang sangat penting dalam memperkuat Pembinaan Ideologi Pancasila di masyarakat, serta menjaga persatuan, kesatuan, dan keberagaman sebagai kekayaan bangsa. (dest)

Sumber: