Saat Mudik, Dinas Damkarmat Himbau Warga Agar Waspada terhadap Kebakaran Rumah

Saat Mudik, Dinas Damkarmat Himbau Warga Agar Waspada terhadap Kebakaran Rumah

Petugas Damkar OKU Selatan-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan upaya pencegahan kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan OKU Selatan menghimbau kepada warga untuk lebih waspada terhadap potensi kebakaran di rumah mereka, terutama menjelang musim mudik.

Plt. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan OKU Selatan, Wily Agus, ST., MT., MM, menekankan pentingnya langkah pencegahan sebelum terjadi kebakaran.

"Lebih baik mencegah daripada mengatasi setelah kejadian kebakaran. Oleh karena itu, kami mengajak untuk meningkatkan kewaspadaan di rumah sebelum meninggalkannya untuk mudik," ujarnya pada Senin, 8 April 2024.

BACA JUGA:Lapas Muaradua Didominasi WBP Kasus Narkoba

Wily Agus juga memberikan beberapa tips kepada pemudik untuk mencegah terjadinya kebakaran di rumah.

Antara lain, memastikan regulator gas dilepas dari tabung gas, memeriksa seluruh colokan listrik barang elektronik untuk memastikan tercabut dari stop kontak.

"Selain itu, penting bagi warga untuk memberitahu kepergian mudik kepada ketua RT/RW, Kepala Dusun, serta pihak keamanan di lingkungan tempat tinggal. Juga bijaksana untuk menitipkan kunci rumah dan kendaraan kepada orang-orang yang dipercaya," tambahnya.

BACA JUGA:Liga Ramadhan di OKU Selatan Berakhir dengan Berbagi ke Masjid

Dia menyarankan juga untuk mematikan lampu yang tidak digunakan, dengan mempertimbangkan untuk menyala lampu teras guna meminimalkan risiko pencurian.

Mengingat risiko kebakaran yang meningkat saat musim mudik, Wily Agus mengingatkan agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, terutama di daerah semak belukar yang kering.

"Dalam perjalanan mudik, penting juga untuk menyimpan nomor panggilan darurat pemadam kebakaran OKU Selatan di ponsel masing-masing," tambahnya.

BACA JUGA:Senangnya Para Petani, Harga Kopi di Kabupaten OKU Selatan Meningkat Menjelang Panen Raya

Selain itu, Wily Agus juga menekankan pentingnya kesadaran akan keamanan rumah yang ditinggalkan saat mudik.

"Meskipun hanya sebentar, namun tetap perhatikan berbagai hal yang berkaitan dengan keamanan rumah dan jangan mengabaikannya," tegasnya. (Dal)

Sumber: