Dinas Damkar OKU Selatan Bantu Warga Evakuasi Ular Piton

Dinas Damkar OKU Selatan Bantu Warga Evakuasi Ular Piton

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) OKU Selatan bantu Sriyono warga Talang Kates, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan Evakuasi Ular Pyton-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) OKU Selatan membantu Sriyono, warga Talang Kates, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan, dalam mengevakuasi ular piton yang memasuki kandang ternak pada Rabu malam, 29 Mei 2024, sekitar pukul 21.09 WIB.

Plt. Kepala Dinas Damkarmat OKU Selatan, Wily Agus, ST., MM., MT., menyatakan bahwa pihaknya menerima laporan dan permintaan bantuan dari warga.

"Sekitar pukul 21.00 WIB, kami menerima laporan mengenai adanya ular piton yang memasuki kandang ternak ayam. Tim langsung melakukan evakuasi dan dalam waktu 30 menit, ular berhasil diamankan," jelasnya.

Untuk evakuasi binatang liar, Dinas Pemadam Kebakaran membantu masyarakat yang membutuhkan dengan menggunakan alat seadanya.

BACA JUGA:Pemerintah Desa se-Kecamatan Muaradua Gelar Sosialisasi Narkoba

"Tidak ada alat khusus, namun karena petugas memiliki sedikit pelatihan, mereka dapat melakukan evakuasi dengan alat seadanya," tambahnya.

Wily juga menjelaskan bahwa permintaan bantuan ini datang atas inisiatif warga, terutama ketika mereka merasa tidak mampu menangani situasi sendiri.

"Tidak semua warga meminta bantuan, karena ada yang berani menangani sendiri. Namun, jika tidak berani, mereka baru meminta bantuan ke Dinas Damkar," ujarnya.

Tim Damkar juga tidak merasa keberatan dan dengan senang hati memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

BACA JUGA:Kejaksaan Negeri OKU Selatan Tahan ASN Dinas Pendidikan Sumsel Terkait Korupsi Gedung SMA

"Terutama untuk hewan liar yang masuk kategori berbahaya. Kalau yang tidak terlalu berbahaya, warga biasanya bisa mengatasi sendiri. Kami juga mengevaluasi wilayah yang jauh dari permukiman," pungkasnya. (Dal)

Sumber: