KPU Kabupaten OKU Selatan Gelar Tes Tulis bagi 2.398 Calon Anggota PPS Pilkada Serentak 2024

KPU Kabupaten OKU Selatan Gelar Tes Tulis bagi 2.398 Calon Anggota PPS Pilkada Serentak 2024

Tes Tertulis PPS yang digelar KPUD OKU Selatan.-KPUD OKUS-

MUARADUA,HARIANOKUS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan telah melaksanakan tes tulis untuk 2.398 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Tes ini diadakan pada Sabtu, 18 Mei 2024, dan dipusatkan di 10 kecamatan dari total 19 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

Ketua KPU Kabupaten OKU Selatan, Doni Yansen, melalui Devisa SDM dan Parmas KPU OKU Selatan, Novriansyah, menyatakan bahwa tes tulis ini merupakan salah satu tahapan seleksi penting dalam rekrutmen anggota PPS untuk Pilkada serentak 2024.

"Hasil dari tes tulis ini akan diambil enam orang atau dua kali dari kebutuhan untuk lolos dan ikut tahapan selanjutnya berupa wawancara," ujarnya.

Pada Pilkada serentak ini, Kabupaten OKU Selatan memerlukan 777 anggota PPS yang akan ditempatkan di 252 desa dan 7 kelurahan yang ada di wilayah tersebut.

BACA JUGA:KPUD OKU Selatan Gelar Rapat Pleno Terbuka Tingkat Kabupaten

"Jumlah anggota PPS 777 orang itu disesuaikan dengan kebutuhan. Karena terdapat 259 desa/kelurahan di Kabupaten OKU Selatan. Nanti akan ditempatkan anggota PPS di masing-masing desa/kelurahan sebanyak tiga orang," jelas Novriansyah.

Selanjutnya, tes wawancara bagi calon anggota PPS akan dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Berdasarkan jadwal tahapan Pilkada Serentak 2024 yang ditetapkan oleh KPU RI, tes wawancara bagi calon anggota PPS akan dilaksanakan pada 21 hingga 23 Mei 2024.

Pengumuman calon anggota terpilih PPS akan dilakukan pada 24 hingga 25 Mei 2024, dan pelantikan anggota terpilih dijadwalkan pada 26 Mei 2024.

Novriansyah juga menambahkan bahwa melalui tahapan seleksi ini, KPU berharap dapat memilih anggota PPS yang memiliki kapasitas dan integritas tinggi sebagai penyelenggara Pilkada serentak di tingkat desa.

"Kami berharap anggota terpilih PPS memiliki kapasitas dan integritas sebagai penyelenggara Pilkada serentak di tingkat desa," tandasnya.

BACA JUGA:KPUD OKU Selatan Mulai Rekrutmen PPK Pilkada, Begini Mekanisme Pendaftarannya

Proses rekrutmen ini menjadi bagian penting dari persiapan KPU Kabupaten OKU Selatan dalam menyukseskan Pilkada serentak 2024.

Diharapkan, dengan seleksi yang ketat dan transparan, anggota PPS yang terpilih mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan menjaga netralitas serta profesionalisme dalam melaksanakan proses pemungutan suara di masing-masing desa dan kelurahan. 

Sumber: