IRT Tertipu Rp 4 Miliar dengan Modus Anaknya Bisa Masuk Akpol dan TNI Prajurit Karir

IRT Tertipu Rp 4 Miliar dengan Modus Anaknya Bisa Masuk Akpol dan TNI Prajurit Karir

Oknum TNI Menipu IRT-Desti-

 

OKUSELATAN, HARIANOKUS.COM - Seorang ibu rumah tangga di Sumatera Utara, Lestina Barus, mengungkapkan bahwa dia telah menjadi korban penipuan sebesar Rp 4 miliar dengan modus anaknya bisa masuk Akademi Kepolisian (Akpol) dan TNI Prajurit Karir.

Dia mengatakan bahwa pelaku penipuannya diduga berasal dari kalangan aparat, yaitu oknum TNI Praka R dan istri oknum polisi.

Total kerugian yang diderita oleh Ibu Lestina mencapai Rp 4 miliar, dengan rincian Rp 3 miliar untuk satu anaknya yang mendaftar di Akpol dan Rp 1 miliar untuk dua anaknya yang mendaftar menjadi calon perwira TNI Prajurit Karir.

Ketiga anaknya sendiri yang akan didaftarkan ke Akpol dan perwira TNI Prajurit Karir.

Lestina mengungkapkan bahwa dia dikenalkan dengan pelaku penipuan ini oleh Juliana Purba, seorang perempuan yang disebut-sebut sebagai istri perwira pertama di Polda Sumut dan diduga bertugas di Polres Karo.

Namun, pelaku yang diduga sebagai personel TNI berinisial Praka R yang memperkenalkan dirinya pada Lestina.

BACA JUGA:MA Ubah Aturan Usia Calon Kepala Daerah Menjelang Pilkada 2024

Dugaan penipuan ini sudah dilaporkan ke Polda Sumut dengan tanda laporan STTLP/B/1363/XI/2023/SPKT/POLDA SUMUT tanggal 13 November 2023 lalu.

Lestina juga melaporkannya ke Pomdam I Bukit Barisan dengan tanda laporan LP/03/XII/2023 tanggal 28 Desember 2023.

Awal mula terjadinya penipuan adalah pada tahun 2023 lalu, di mana Ibu Lestina dan Juliana saling mengenal karena sama-sama warga Kabupaten Karo dan kedua anak mereka sama-sama pernah mengikuti seleksi penerimaan calon taruna akademi kepolisian (Akpol) tahun 2023 di Polda Sumut.

Sumber: