Hebat, Platform SATUSEHAT Milik Kemenkes RI Kini Diakui di 100 Negara Setelah Tersertifikasi ISO 27001

Hebat, Platform SATUSEHAT Milik Kemenkes RI Kini Diakui di 100 Negara Setelah Tersertifikasi ISO 27001

Yuk gunakan aplikasi SATUSEHAT--

Hebat, Platform SATUSEHAT Milik Kemenkes RI Kini Diakui di 100 Negara Setelah Tersertifikasi ISO 27001

HARIANOKUS.COM- JAKARTA Prestasi gemilang dicapai oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan platform SATUSEHAT-nya yang kini telah tersertifikasi ISO 27001:2013. 

Sertifikasi ini tidak hanya memberikan pengakuan di Indonesia tetapi juga di 100 negara lainnya.

Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan oleh PT CBQA Global Indonesia kepada Pusdatin-DTO di gedung Kemenkes, Jakarta. 

Platform ini dirancang sebagai wujud transformasi sistem kesehatan di bidang teknologi, mengintegrasikan data kesehatan dari berbagai fasilitas, seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, hingga laboratorium kesehatan masyarakat.

Dengan adanya integrasi data tersebut, pasien dapat dengan leluasa mengakses riwayat kesehatannya di berbagai fasilitas kesehatan. 

BACA JUGA:Ikan Gabus Selain Banyak Nutisinya, Ada Beberapa Manfaatnya Bagi Kesehatan Lho

Sekretaris Jenderal Kemenkes, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, menekankan bahwa sertifikasi ini membuktikan bahwa manajemen, pengelolaan, dan pengamanan data di platform SATUSEHAT sudah sesuai dengan standar internasional.

Sejalan dengan itu, Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji, menjelaskan komitmen Kemenkes untuk mengintegrasikan data dari 11 ribu fasilitas kesehatan ke dalam platform ini.


Fitur aplikasi SATUSEHAT milik Kemenkes--

Saat ini, sudah ada sekitar 150 fasilitas kesehatan yang secara real-time mengirimkan datanya ke dashboard SATUSEHAT.

Direktur PT CBQA Global Indonesia, Anwar Siregar, mengapresiasi keberhasilan Kemenkes dan menekankan bahwa sertifikasi ISO 27001:2013 bukan merupakan akhir dari perjuangan, melainkan sebagai awal untuk peningkatan pengamanan data yang lebih baik lagi di masa depan.

BACA JUGA:Mengenal Asam Urat dan Cara Mengobatinya untuk Hidup Lebih Sehat

Dengan pengakuan ini, diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap keamanan data mereka di platform SATUSEHAT akan semakin meningkat dan memfasilitasi layanan kesehatan yang lebih efektif dan efisien bagi masyarakat Indonesia. (*/ck)

Sumber: