Yuk ke Danau Toba Lewat ToL KUTEPAT Kini Lebih Cepat, Semula Jarak Tempuh 3,5 menjadi 1,5 jam Dari..

Yuk ke Danau Toba Lewat ToL KUTEPAT Kini Lebih Cepat, Semula Jarak Tempuh 3,5 menjadi 1,5 jam Dari..

Ayo ke Danau Toba, lewat tol KUTEPAT lebih nyaman dan cepat--

Yuk ke Danau Toba Lewat Tol KUTEPAT Kini Lebih Cepat, Semula Jarak Tempuh 3,5 menjadi 1,5 jam Dari..

TEBING TINGGI - HARIANOKUS.COM- Progres pembangunan Jalan Tol KUTEPAT, yang merupakan singkatan dari Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat, terus menunjukkan perkembangan positif.

Tol ini adalah bagian dari upaya pemerintah dalam program Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Menurut laporan terbaru, pembangunan Seksi 1 Tebing Tinggi - Indrapura dengan panjang 20,40 km sudah mencapai 100 persen. 

Sedangkan Seksi 2 Indrapura - Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km sudah mencapai 95,36 persen. 

Progres Seksi 3 Tebing Tinggi - Serbelawan sepanjang 30 km berada di angka 87,68 persen, dan Seksi 4 Serbelawan - Pematang Siantar dengan panjang 28 km telah mencapai 68,71 persen. 

Keempat seksi tersebut ditargetkan untuk selesai pada akhir tahun 2023.

Sementara itu, Seksi 5 Pematang Siantar - Seribudolok dan Seksi 6 Seribudolok - Parapat, yang memiliki panjang masing-masing 22,30 km dan 16,70 km, masih dalam tahap finalisasi desain.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi, Situs Sejarah di Pinggir Danau Ranau, Bukti Kekuasaan Kerajaan Sriwijaya Luas dan Digdaya

Salah satu manfaat signifikan dari tol ini adalah memperpendek waktu tempuh dari Medan ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba Sumatera Utara. 

Saat ini, perjalanan memakan waktu sekitar 3,5 jam, namun dengan selesainya tol ini, waktu tempuh diperkirakan hanya 1,5 jam.

Selain itu, Jalan Tol KUTEPAT akan terkoneksi langsung dengan Jalan Tol lainnya di Sumatera Utara, seperti Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran. 

Jalan Tol KUTEPAT juga merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 109 Tahun 2022 dan menjadi konektivitas vital dalam distribusi logistik di Sumatera Utara.

Diharapkan, dengan selesainya pembangunan jalan tol ini, akan memperkuat konektivitas di Sumatera Utara, khususnya menuju Pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei.

Sumber: