Panglima Mutasi 105 Perwira Tinggi dari tiga matra TNI

Panglima Mutasi 105 Perwira Tinggi dari tiga matra TNI

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono.--

JAKARTA, HARIANOKUS.COM - Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, telah melakukan mutasi terhadap 105 perwira tinggi (Pati) dari tiga matra, menandai perubahan dalam struktur kepemimpinan militer Indonesia.

Mutasi ini melibatkan TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), dan TNI Angkatan Udara (AU).

Dalam kebijakan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan di lingkungan TNI, sejumlah Pati ditugaskan ke berbagai jabatan strategis.

Letjen Arif Rahman dari TNI AD, misalnya, ditugasi sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad).

Selain itu, Brigjen Rudy Saladin yang sebelumnya menjabat Staf Khusus Kasad, kini menjadi Sekretaris Militer Presiden (Setmilpres) di Kementerian Sekretariat Negara.

BACA JUGA:Video TNI Berangkat Penugasan Ke Gaza Palestina, Kapuspen TNI Nyatakan Hoaks

Dari TNI AL, terjadi beberapa perubahan, termasuk pengangkatan Laksamana Madya Nurhidayat sebagai perwira tinggi Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.

Sedangkan di TNI AU, terdapat mutasi yang melibatkan Marsekal Muda I Made Susila A yang sebelumnya menjabat Wakil Komandan Kodiklatau menjadi Staf Khusus Kasau.

Mutasi ini juga melibatkan pergantian posisi Komandan Resor Militer (Danrem), dimana beberapa Danrem mengalami pergantian tugas.

Kolonel Inf. Iwan Rosandriyanto, misalnya, ditugaskan sebagai Danrem 102/Panju Panjung di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sementara Kolonel Inf. Riyanto menjadi Danrem 051/Wijayakarta di Jakarta Timur.

BACA JUGA:Anggota TNI yang Gugur di Misi Perdamaian Kongo Seorang Imam Masjid

Selain itu Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, mengangkat Kolonel Laut (P) Dores Afrianto Ardi sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) I/Belawan, dan Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo dipromosikan menjadi Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II.

Perubahan tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja dan menghadapi dinamika yang ada, sejalan dengan tuntutan tugas dan tanggung jawab di bidang pertahanan dan keamanan. (*)

Sumber: