Ratusan Rumah di Lahat Selatan Terendam Akibat Banjir Tahun Baru

Ratusan Rumah di Lahat Selatan Terendam Akibat Banjir Tahun Baru

luapan air sungai empat desa di Kecamatan Lahat Selatan saat malam pergantian tahun 2023-2024.-FOTO: DOK HOS-

HARIANOKUS.COM - Suasana pergantian tahun di kota Lahat tidak sepenuhnya dirayakan dengan sukacita.

Hujan deras yang melanda kota tersebut membawa kejutan bagi warga di empat desa di Kecamatan Lahat Selatan, yang terendam akibat luapan air sungai.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lahat, meluapnya air terjadi mulai pukul 23.35 WIB pada Ahad (31/12/2023) hingga pukul 01.30 WIB pada Senin (1/1/2024).

Kejadian ini menyebabkan kepanikan di kalangan warga yang sebagian tidur dan sebagian lainnya masih terjaga merayakan pergantian tahun.

Air sungai Lematang meluap dan naik ke permukaan rumah warga di Desa Tanjung Payang, Desa Karang Dalam Ilir, Desa Tanjung Tebat Ilir, Desa Rimbe Bedung, dan Prumnas Resident Tanjung Payang.

BACA JUGA:Wow Gaji PNS Naik 8%, ini Kata Presiden !

Beni, seorang warga Lahat Selatan, mengungkapkan bahwa hujan deras semalam menyebabkan air sungai meluap, masuk ke rumah warga, dan merendam sekitar 105 rumah dengan 200 kepala keluarga.

Selain merugikan rumah warga, barang elektronik dan mobil juga ikut terendam karena tidak sempat dievakuasi.

Kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, sementara akses jalan desa putus sehingga tidak dapat dilalui.

H Ali Afandi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lahat, menyatakan bahwa Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP bersama dengan pihak terkait seperti TNI/Polri, BPBD, dan lainnya langsung meninjau lokasi banjir serta berupaya melakukan penanganan bencana.

BACA JUGA:Modus Jual Obat, Diduga Pelaku Hipnotis Keliaran

Hingga pagi hari, air mulai surut, dan warga telah memulai proses pembersihan material banjir, seperti lumpur yang masuk ke dalam rumah. 

Namun, kendala lain muncul akibat ambrolnya jembatan Ayik Cuhup atau Jalan Perindo di Desa Tanjung Payang, kecamatan Lahat Selatan, yang merupakan salah satu akses jalan penghubung ke desa-desa sekitarnya, seperti Talang Sejemput, Talang Sawah, Kehung, dan Pagun. (*)

Sumber: