Wah, Pendaftar PTPS di OKU Selatan Termasuk Tertinggi di Sumsel, Berikut Penjelasannya

Wah, Pendaftar PTPS di OKU Selatan Termasuk Tertinggi di Sumsel, Berikut Penjelasannya

Antusias pendafatar pengawas TPS di OKU Selatan termasuk yg tertinggi di provinsi Sumsel.-foto: Desti/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Pendaftaran pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten OKU Selatan pada hari ke-3 hampir mencapai 1000 orang pendaftar.

Ketua Bawaslu OKU Selatan, Doni Candra, menyatakan bahwa antusiasme masyarakat dalam mendaftar menunjukan kepercayaan yang semakin tinggi terhadap lembaga Bawaslu.

"Walaupun jumlah ini masih dibawah kuota yang dibutuhkan yaitu 1.352 orang, akan tetapi masih ada waktu 2 hari lagi, diharapkan kepada masyarakat yang akan mendaftar untuk datang langsung ke sekretariat Panwaslu Kecamatan masing-masing di 19 Kecamatan di OKU Selatan," ujarnya.

Antusias pendafatar pengawas TPS di OKU Selatan termasuk yg tertinggi di provinsi sumsel, Sekitar 500 orang pendaftar berasal dari berbagai desa di setiap kecamatan masing-masing.

BACA JUGA:Bawaslu OKUS Hadiri Rapat Koordinasi Pembinaan Terhadap Pengawas Pemilu di Manado Sulawesi Utara

Agusman Riadi, Anggota Bawaslu OKU Selatan, mengajak seluruh lapisan masyarakat OKU Selatan untuk dapat menjaga ketertiban serta kondusifitas sejak masa kampanye hingga pelaksanaan Pemilu 2024.

Hingga saat ini, pendaftaran pengawas TPS akan terus dibuka hingga tanggal 6 Januari 2024.

Sementara itu, petugas Bawaslu di setiap kecamatan telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Hal ini untuk memastikan bahwa proses tahapan pemilu berjalan lancar serta adanya pengawasan terhadap setiap tahapan Pemilu 2024.

BACA JUGA:Bawaslu OKU Siap Sanksi Kampanye di Luar Jadwal

Para pengawas TPS yang nantinya terpilih diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya serta dapat melaporkan setiap pelanggaran yang terjadi selama pemilu.

Ketua Bawaslu OKU Selatan, Doni Candra, menegaskan bahwa lembaga Bawaslu sangat membutuhkan peran serta masyarakat dalam mengawal tahapan Pemilu 2024.

“Kami menyonongkan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan, apapun latar belakang, suku, agama atau golongan politik yang di dukung, untuk memaknai pemilu sebagai kenang-kenangan yang berharga bagi bangsa Indonesia. Kita bangsa yang besar dan berdaulat, kita harus menjunjung tinggi nilai nilai demokrasi," ujarnya.

Peran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu 2024 sangatlah penting.

BACA JUGA:Dana Hibah Pilkada OKU Timur: KPU Terima Rp 39,8 Miliar, Bawaslu Rp 15,1 Miliar

Selain itu, keteladanan dari pemimpin dalam menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi juga memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan Pemilu.

Bawaslu OKU Selatan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pengawasan selama tahapan Pemilu 2024.

Diharapkan, dengan partisipasi aktif dari masyarakat dalam mengawal pelaksanaan tahapan pemilu, dapat memastikan bahwa proses pemilu di Kabupaten OKU Selatan berjalan dengan jujur, adil, dan demokratis. (Dest)

Sumber: