Dinas Pendidikan OKU Selatan Menerapkan Program Sekolah Penggerak untuk Tingkatkan Prestasi Belajar

Dinas Pendidikan OKU Selatan Menerapkan Program Sekolah Penggerak untuk Tingkatkan Prestasi Belajar

ilustrasi Program Sekolah Penggerak.-foto: IST-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, melalui Dinas Pendidikan, telah menginisiasi Pendampingan Program Sekolah Penggerak pada tingkat Pendidikan Usia Dini.

Langkah ini diambil guna mendorong transformasi satuan pendidikan dalam meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik.

Pendampingan ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Bidang Pembinaan Paud PNF, dalam pemberitaan yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan OKU Selatan, Beni Suhendro, SH., M.M, melalui Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Firman, SE.

Sekolah Penggerak bertujuan meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik, baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter), sebagai bagian dari upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila.

BACA JUGA:Waspadai Dampak Kesehatan Musim Hujan, Perlunya Pencegahan Serangan Flu dan Perawatan Sistem Kekebalan Tubuh

Firman menyatakan, "Program Sekolah Penggerak pada PAUD mengusung visi Merdeka Belajar, Merdeka Bermain untuk mewujudkan pendidikan berkualitas bagi anak usia dini agar tumbuh optimal dan siap bersekolah," pada Selasa (16/01).

Tujuan utama dari Program Sekolah Penggerak melibatkan peningkatan kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Program ini juga berfokus pada pemerataan kualitas pendidikan melalui peningkatan kapasitas kepala sekolah dalam memimpin satuan pendidikan menuju pembelajaran yang berkualitas.

Selain itu, program ini bertujuan membangun ekosistem pendidikan yang lebih kuat, dengan fokus pada peningkatan kualitas dan menciptakan iklim kolaboratif bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan, baik di lingkup sekolah, pemerintah daerah, maupun pusat.

BACA JUGA:Penyebab Badan Nyeri dan Pegal: Berbagai Faktor yang Perlu Diwaspadai

"Melalui Program Sekolah Penggerak, dilakukan pendampingan dan pembinaan di tingkat satuan PAUD untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan anak usia 5-6 tahun. Seluruh satuan PAUD, termasuk negeri dan swasta, dapat mengikuti program ini," tambahnya.

Seleksi Program Sekolah Penggerak dilakukan secara cermat, memilih satuan PAUD dari berbagai jenis layanan yang berkualitas, baik itu dalam kategori berkembang, layak, baik, maupun sangat baik.

Satuan PAUD yang terpilih akan mendapatkan fasilitasi dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat untuk bersama-sama menuju peningkatan kualitas yang lebih baik. (dal)

Sumber: