Jamur Pisang, Hidangan Khas OKU Selatan yang Menggugah Selera!

Jamur Pisang, Hidangan Khas OKU Selatan yang Menggugah Selera!

Mengenal jamur pisang hidangan khas OKU Selatan yang praktis dan bergizi-Poto: Hendri/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Sumatera Selatan memang dikenal sebagai, daerah dengan beragam kuliner yang lezat dan menggugah selera. Dengan kuliner yang populer di kalangan masyarakat OKU Selatan

Salah satu kuliner tersebut, adalah jamur pisang hidangan khas dari OKU Selatan yang sedang menjadi tren bagi penduduk di daerah itu.

Jamur pisang ini, mengandalkan bahan utama dari jamur yang berasal dari batang pohon pisang yang sudah membusuk, sehingga menghasilkan jamur pisang. 

Sebut saja Rudi, ia sangat menyukai jamur pisang tersebut, karena rasanya sangat enak dan sangat mudah untuk mengolahnya untuk jadi hidangan untuk makan. 

BACA JUGA:Dekranasda OKU Selatan Hadiri Rakerda Dekranasda Provinsi Sumsel 2024 di Palembang

menurutnya, Jamur pisang menjadi semakin populer karena, teksturnya yang kenyal dan lembut serta, mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat dan menggugah selera.

"Untuk mendapatkan jamur pisang yang segar, penduduk biasanya memperolehnya dari petani di daerah OKU Selatan, Sumatera Selatan yang hendak menanam padi," menurut Rudi warga setempat. Sabtu (20/1/2024). 

Biasanya petani, akan menemukan batang pisang yang sudah lama membusuk sehingga, mengeluarkan jamur di dalamnya.

Jamur pisang, kemudian diolah dengan berbagai cara sesuai dengan selera penduduk setempat. "Beberapa hidangan yang biasa disajikan dengan menggunakan jamur pisang, adalah tumis jamur pisang, pepes jamur pisang, dan pindang jamur pisang," terang Rudi. 

BACA JUGA:Kepala Madrasah Diminta Mengelola Dana BOS Sesuai Pedoman

Bumbu yang digunakan untuk membuat hidangan ini pun sangat mudah didapat, biasanya meliputi cabai, bawang merah, bawang putih, garam, dan penyedap rasa. 

Selain itu, jamur pisang sangat mudah untuk diolah dan membutuhkan waktu yang singkat untuk memasaknya. 

Kuliner ini, menjadi paporit dan cocok bagi orang yang ingin memasak makanan yang cepat dan praktis.

"Kini, jamur pisang menjadi salah satu hidangan khas dari OKU Selatan yang sangat diminati oleh masyarakat setempat," ujarnya. 

Sumber: