Implementasi Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi: Bupati OKU Selatan Pimpin Upaya Bersama dalam Rangka

Implementasi Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi: Bupati OKU Selatan Pimpin Upaya Bersama dalam Rangka

Implementasi Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi di Kabupaten OKU Selatan, Rabu (24/01/2024).-foto: Diskominfo OKUS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dalam rangka penurunan angka stunting, Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Popo Ali Martopo, B.Comm., menghadiri Implementasi Percepatan penurunan stunting Terintegrasi di Kabupaten OKU Selatan pada Rabu (24/01/2024). Acara ini digelar di Gedung Kesenian Muaradua.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan bekerja sama dengan beberapa instansi terkait, seperti Dinas PPPAPPKB, Dinas Kesehatan, Kemenag, dan Pengadilan Agama. Tujuan kerjasama ini adalah memberikan edukasi dan penyuluhan kepada calon pengantin untuk mencegah pernikahan dini dan menurunkan angka stunting.

Upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melibatkan integrasi dari beberapa Dinas terkait. Salah satunya adalah program Dapur Sehat yang merupakan inovasi untuk menurunkan stunting. Program ini melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas PPPAPPKB, Dinas Ketpang, Dinas Pertanian, dan Dinas Perikanan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam memberikan gizi seimbang.

Bupati OKU Selatan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT OKUS ke-20 tahun 2024. Beliau optimis bahwa kerjasama semua pihak dapat berhasil menurunkan angka stunting di Kabupaten OKU Selatan.

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten OKU Selatan Laksanakan Pelimpahan Kewenangan Pajak dan Retribusi ke Masing-Masing OPD

BACA JUGA:Polres OKU Selatan Gencar Sosialisasikan Pencegahan Kenakalan Remaja dan Masalah Sosial di Sekolah

Bupati juga mengajak seluruh OPD terkait untuk bersinergi dalam percepatan penurunan stunting di berbagai sektor. Harapannya, generasi muda Kabupaten OKU Selatan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Mewakili Pj. Gubernur Sumsel Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si., Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumsel, Drs.H Edward Chandra, M.H., menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten OKU Selatan atas upaya bersama menurunkan angka stunting. Pemerintah Provinsi Sumsel terus mendorong upaya penurunan stunting sesuai dengan target nasional Prevalensi Stunting Balita tahun 2024 sebesar 14%.

Acara juga mencakup penyerahan bantuan kepada penerima program Bapak Asuh Anak Stunting. Dinas Kesehatan bekerja sama dengan UPT Puskesmas memberikan pelayanan KB dan Pengobatan Gratis di stand masing-masing.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati OKU Selatan, Anggota DPR RI, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Asisten I OKU Selatan, FKPD, Kepala BUMN/BUMD, Para Kepala OPD/yang mewakili, Para Camat, Para Lurah/Kades, serta undangan lainnya. (*)

Sumber: