Ternyata ! Nanas Prabumulih Diklaim sebagai Nanas Termanis di Indonesia, Ini 5 Tempat Belanja Nanas di Kota Na

Ternyata ! Nanas Prabumulih Diklaim sebagai Nanas Termanis di Indonesia, Ini 5 Tempat Belanja Nanas di Kota Na

Nanas Prabumulih termanis di Indonesia-FOTO: DOK HOS-

HARIANOKUS.COM - Kota Prabumulih di Sumatera Selatan membanggakan diri sebagai kota nanas, dengan Nanas Prabumulih disebut sebagai nanas termanis di Indonesia.

Bagi pendatang atau pengunjung, berbelanja oleh-oleh nanas di kota ini menjadi pilihan utama.

Menurut data Direktorat Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian, Prabumulih memiliki potensi besar dalam pengembangan buah-buahan, khususnya nanas.

Nanas asli Bumi Seinggok Sepemunyian ini memiliki rasa manis unik dengan brix mencapai 13, membuatnya unggul dibandingkan dengan nanas dari daerah lain.

Luas pertanaman nanas di Kota Prabumulih mencapai 400 hektar, tersebar di Kecamatan Prabumulih Timur, Cambai, dan Rambang Tapak Tengah.

BACA JUGA:10 Ragam Pilihan Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dan Mencapai Kesehatan Optimal

Pengembangan nanas masih terus dilakukan, baik dalam bentuk kebun campuran maupun terpencar di lahan pekarangan. Jenis nanas yang banyak dikembangkan adalah jenis Queen, dengan hasil sekitar 30 ton per hektare.

Pada tahun 1970-an, Prabumulih merupakan penghasil buah nanas terbesar di Indonesia. Hasil panen yang melimpah membuat nanas Prabumulih tidak hanya dikenal di pasar lokal tetapi juga di beberapa provinsi di Sumatera hingga Pulau Jawa.

Pada tahun 2017, produksi nanas di Kabupaten Prabumulih mencapai 5.923 ton, memberikan kontribusi signifikan pada produksi nasional yang mencapai 1.795.982 ton pada tahun yang sama.

Bagi yang ingin berbelanja nanas di Kota Nanas ini, berikut adalah lima tempat yang dapat dikunjungi:

1. **Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Cambai:**

   Di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Anda dapat menemukan penjual nanas Prabumulih. Nanas yang dijual biasanya sudah diikat-ikat, memudahkan pembeli yang sedang terburu-buru.

2. **Pasar Tradisional Modern (PTM):**

   PTM adalah pasar tradisional modern terbesar di Prabumulih. Banyak penjual nanas dan buah-buahan lainnya tersedia di sana, memberikan opsi berbelanja nanas sepuasnya.

Sumber: