Satlantas Polres OKU Selatan Sosialisasikan Larangan Knalpot Bising di Sekolah

Satlantas Polres OKU Selatan Sosialisasikan Larangan Knalpot Bising di Sekolah

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) OKU Selatan sosialisasikan larangan penggunaan Knalpot yang tidak sesuai spesifikasi Teknis alias knalpot bising.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Satlantas Kepolisian Resor OKU Selatan melakukan sosialisasi larangan penggunaan knalpot bising kepada siswa di beberapa sekolah, termasuk di SMPN-01 dan SMAN-01 Buay Pemaca, OKU Selatan pada Sabtu, 03/02/24.

Kapolres OKU Selatan AKBP Listiyono Dwi Nugroho, S.IK., MH, melalui Kasat Lantas AKP Desram Cery, bersama Bripka Anwar Dhani, Komandan SIM, menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk menginformasikan larangan penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis.

"Kini, penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis tidak diperbolehkan. Jika masih ada yang melanggar, akan ditindak secara langsung," tegas Kapolres pada Minggu (04/02/24).

Desram Cery menjelaskan bahwa larangan ini bukan hanya berupa himbauan, tetapi juga telah diatur dalam Undang-Undang (UUD) Pasal 285 ayat 1 Jo Pasal 106 ayat 3, dengan ancaman kurungan penjara maksimal 1 bulan dan denda hingga Rp.250.000.

BACA JUGA:Siap-siap Nih, Tol Indralaya - Prabumulih Segera Bertarif

BACA JUGA: ZTE Nubia Z60 Ultra Menggebrak Dengan Desain Kamera yang Unik dan Performa Flagship

"Kami akan mengambil tindakan terhadap kendaraan yang masih menggunakan knalpot bising, karena sosialisasi dan himbauan telah dilakukan oleh anggota kepada pengguna jalan," tambahnya.

Meskipun demikian, Satlantas terus melakukan himbauan, terutama kepada para kuala muda, agar tidak menggunakan knalpot bising yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat OKU Selatan, terutama saat melintas di lorong pada malam hari.

"Dalam upaya meminimalisir masalah ini, Satlantas Polres OKU Selatan telah bekerjasama dengan pihak sekolah untuk menyampaikan pesan kepada para siswa agar tidak menggunakan knalpot bising," ungkapnya. (*)

Sumber: