Pintu Masuk Ramadan: Dalil, Bacaan Niat, dan Keutamaan Puasa Sunah di Bulan Syaban

Pintu Masuk Ramadan: Dalil, Bacaan Niat, dan Keutamaan Puasa Sunah di Bulan Syaban

ilustrasi Bulan Ramadhan-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Bulan Syaban dianggap sebagai pintu masuk bagi bulan Ramadan, menandai urutan ke-8 dalam kalender hijriyah sebelum bulan Ramadan yang berada pada urutan ke-9.

Bulan Syaban mempersiapkan umat Islam dengan amalan-amalan, termasuk puasa sunah. Rasulullah SAW sendiri melaksanakan puasa sunah pada bulan Syaban sebagai persiapan untuk Ramadan.

Menurut Kalender Kementerian Agama, 1 Syaban 1445 Masehi jatuh pada Minggu, 11 Februari 2024. Sedangkan tanggal 15 Syaban 1445 Hijriah atau Nisfu Syaban 2024 jatuh pada Minggu, 25 Februari 2024.

Dalil dan Anjuran Puasa Syaban

Rasulullah melakukan puasa Syaban sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Aisyah R.A., yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW tidak pernah berpuasa penuh selain di bulan Ramadan dan berpuasa sunah lebih banyak di bulan Syaban.

BACA JUGA:Penjual Cendol Khas Semendo ini Dapat Order 1000 Bungkus Perhari Selama Ramadhan

Puasa Syaban dapat dilakukan mulai tanggal 1 hingga maksimal tanggal 15 Syaban. Jika belum berpuasa hingga tanggal 15, maka tidak dianjurkan berpuasa mulai tanggal 16 hingga akhir Syaban, berdasarkan hadis yang menyebutkan ketika Syaban telah melewati separuhnya, maka dianjurkan untuk tidak berpuasa.

Niat Puasa Syaban

Niat puasa Syaban dapat diucapkan dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya sebagai berikut:

 

نَوَيْتُ صَوْمَ شَعْبَانَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma sya’bâna lilâhi ta’âlâ.

Artinya: "Saya niat puasa Sya’ban karena Allah ta’âlâ."

 

Sumber: