Bapenda Kolaborasi dengan PPGT-UI untuk Tingkatkan Pendapatan Daerah

Bapenda Kolaborasi dengan PPGT-UI untuk Tingkatkan Pendapatan Daerah

Sosialisasikan Pemutakhiran dan Pemetaan Objek Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2).-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten OKU Selatan telah menjalin kemitraan strategis dengan Pusat Penelitian Geografi Terapan Universitas Indonesia (PPGT-UI) dalam upaya menggalakkan sosialisasi tentang Pemutakhiran dan Pemetaan Objek Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Sosialisasi tersebut merangkum 19 Kecamatan yang akan diselenggarakan secara bergantian, dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kewajiban pajak dalam mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2024.

Dalam keterangan resminya, Drs. H. Linkulin, MM selaku Kepala Bapenda, yang diwakili oleh Selly Juanita, SE., MM, Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran, menegaskan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam membayar pajak. Dia juga mengungkapkan apresiasi kepada masyarakat yang telah taat pajak.

BACA JUGA:Sangat Berbahaya, Kabel Arus Tinggi PLN di Desa Karet Jaya Menjalar Sampai Menyentuh Tanah

"Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang masih belum taat pajak, karena taat pajak adalah kewajiban yang harus dipenuhi," ungkapnya.

Selly Juanita menambahkan bahwa sosialisasi ini juga bertujuan untuk memastikan data yang akurat serta mengajak masyarakat untuk terus mematuhi kewajiban pajaknya.

"Melalui pencocokan data, kita berharap tidak akan ada lagi duplikasi data, dan masyarakat akan terus mematuhi pajak, yang akan menjadi kontribusi penting bagi PAD OKU Selatan di masa mendatang," jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan seluruh Kecamatan, dengan sasaran audiens termasuk Kepala Desa, masyarakat, dan pemerintah setempat. Selly menegaskan pentingnya sosialisasi ini mengingat realisasi PBB-P2 pada tahun 2023 yang belum mencapai target yang diharapkan.

BACA JUGA:Heboh Seragam Sekolah terbaru 2024, Kemendikbudristek Bantah Adanya Aturan Seragam Sekolah Baru Tahun 2024

"Dengan kerjasama ini, kami berharap PAD akan terus meningkat sesuai harapan Pemkab OKU Selatan, dengan pajak menjadi salah satu sumber utama pendapatan daerah," tutupnya. (Dal)

Sumber: