Desa Gunung Tiga Maju ke Lomba Pos Kamling Tingkat Kabupaten OKU Selatan

Desa Gunung Tiga Maju ke Lomba Pos Kamling Tingkat Kabupaten OKU Selatan

Desa Gunung Tiga, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan berhasil mewakili Kecamatan mengikuti Lomba Pos Kamling Tingkat Kabupaten.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Desa Gunung Tiga, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan, berhasil mewakili kecamatan dalam Lomba Pos Kamling Tingkat Kabupaten.

Lomba Pos Kamling Tingkat Kabupaten OKU Selatan ini diselenggarakan setelah tahap seleksi tingkat kecamatan yang dilaksanakan oleh Kepolisian Resor (Polres) OKU Selatan bersama Polsek di setiap kecamatan.

"Alhamdulillah, Desa Gunung Tiga mewakili Kecamatan Muaradua untuk maju ke tingkat Kabupaten OKU Selatan. Lomba ini akan diselenggarakan dalam beberapa hari ke depan," ucap Syamsoel Muin, Kepala Desa Gunung Tiga, Kamis, 15 Mei 2024.

Ia menjelaskan bahwa Lomba Pos Kamling ini diselenggarakan oleh Polres OKU Selatan dan diikuti oleh seluruh desa di kabupaten tersebut.

BACA JUGA:Disbudpar PALI Lakukan Kunjungan Studi Tiru ke OKU Selatan untuk Maksimalkan Potensi Wisata

"Desa yang menang di tingkat kabupaten nanti akan maju ke tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Tahap seleksi tingkat kecamatan sudah dilakukan beberapa waktu lalu," tambahnya.

Perlombaan Pos Kamling ini dinilai berdasarkan keaktifan penjagaan, kelengkapan sarana, keunikan pos, kekompakan para penjaga, dan beberapa kriteria lainnya.

Kepala Desa menekankan bahwa tujuan utama dari kegiatan Lomba Pos Kamling ini bukan hanya untuk meraih kemenangan, melainkan untuk mengaktifkan kegiatan pengamanan bersama di desa.

"Kami menganggap ini sebagai kegiatan yang baik, karena pada dasarnya bertujuan untuk mengaktifkan keamanan yang dilakukan oleh masyarakat sendiri," ujarnya.

BACA JUGA:Bedah Mulut, Solusi Komprehensif untuk Kelainan Gigi dan Rahang

Masalah menang atau kalah, kata Kepala Desa, adalah bonus. Pihaknya menekankan pentingnya menjaga keamanan secara terus-menerus.

"Mencegah tindak kriminal lebih baik jika penjagaan di pos kamling aktif. Masyarakat sendiri yang akan merasakan manfaatnya jika desa aman dan tenteram," tandasnya. (Dal)

 

Sumber: